Terungkap! Pengakuan Gloria Perihal Alasannya Gugat UU Kewarganegaraan

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 01 September 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 31 337 1767119 terungkap-pengakuan-gloria-perihal-alasannya-gugat-uu-kewarganegaraan-slL6JbMrld.jpg

JAKARTA - Gloria Natapradja Hamel mengaku menghormati putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak uji materi terhadap Pasal 41 Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan yang diajukan sang ibu, Ira Hartini Natapradja Hamel.

"Intinya soal ini respect saja sama putusan MK," ucap Gloria usai sidang uji materi di Gedung MK, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Dalam kesempatan itu, Ira mengungkap alasannya menggugat Pasal 41 UU Kewarganegaraan. Alih-alih demi sang anak, Ira malah menyebut perjuangannya itu sebagai upaya memperjuangkan kepentingan anak-anak lain yang mengalami permasalahan kewarganegaraan yang sama seperti Gloria.

Ira menjelaskan, khusus Gloria, pemerintah telah sejak lama menjanjikan proses naturalisasi kewarganegaraan. Karenanya, putusan MK tak begitu berpengaruh terhadap Gloria. Hanya saja, Ira lagi-lagi menegaskan, ia dan Gloria merasa tergerak untuk berjuang demi anak-anak berkewarganegaraan ganda lain di Indonesia.

"Gloria sendiri tidak terlalu sulit untuk naturalisasi yang sudah dijanjikan Dirjen Imigrasi maupun Presiden. Tapi yang kami pikirin adalah anak-anak yang tidak punya kapasitas seperti Gloria. Ini yang saya sedih sebenarnya," tutur Ira kala ditemui pada kesempatan yang sama.

Mengamini pernyataan Ira, Gloria meminta pemerintah untuk memperhatikan anak-anak lain yang memiliki masalah kewarganegaraan ganda sepertinya. Minimnya perhatian bahkan pengakuan negara terhadap mereka, dikatakan Gloria merupakan sebuah hal yang sangat menyedihkan.

"Tapi setidaknya pemerintah perhatikan juga anak-anak lain. Aku tahu rasanya tidak diakui sama negara sendiri. Ini kan takdir. Jangan dibantah begitu saja. Kita enggak bisa milih kok," tutur Gloria. (ydp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini