Judicial Review UU Kewarganegaraan Ditolak, Gloria: Aku Tahu Rasanya Tak Diakui Negara

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 31 Agustus 2017 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 31 337 1766974 judicial-review-uu-kewarganegaraan-ditolak-gloria-aku-tahu-rasanya-tak-diakui-negara-4A30DDvRGf.jpg Gloria dan Ibunda. (Foto: Harits/Okezone)

JAKARTA – Kandas sudah perjuangan ibunda eks Paskibraka Istana Negara Gloria Natapradja Hamel, Ira Hartini Natapradja Hamel, menggugat aturan status kewarganegaraan. Judicial review tersebut ditolak hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Menyikapi hal itu, Gloria mengaku menerima keputusan tersebut. Meski begitu ia meminta pemerintah memperhatikan orang yang senasib dengannya.

Status Gloria memang dipermasalahkan jelang Upacara HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara pada 2016. Gloria yang sudah latihan berbulan-bulan, tiba-tiba dikeluarkan dari Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka).

Pasalnya adalah karena dia lahir dari orangtua yang berbeda pasfor. Ibunya orang Indonesia, sementara ayahnya warga negara Prancis. Meski begitu, pada akhirnya Gloria diizinkan bergabung lagi, tetapi hanya untuk upacara penurunan bendera.

[Baca Juga: Gugatannya Ditolak MK, Ibunda Gloria: Saya Terima Meski Kecewa]

Peristiwa itu membuat ibundanya menggugat UU Kewarganegaraan meski kandas. "Intinya soal ini respect saja sama putusan MK,” ujar Gloria di MK, Kamis (31/8/2017).

Walau menerima, ia meminta pemerintah memperhatikan nasib anak-anak seperti dirinya. Gloria mengatakan dirinya tak memilih lahir dari orangtua yang berbeda pasfor.

“Tapi setidaknya pemerintah perhatikan juga anak-anak lain. Aku tahu rasanya tidak diakui sama negara sendiri. Ini kan takdir, jangan dibantah begitu saja, kita enggak bisa milih kok," ucapnya.

[Baca Juga: MK Putus Sengketa UU Kewarganegaraan Hari Ini, Bagaimana Status Gloria Eks Paskibraka Istana?]

 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini