nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Sejumlah Daerah Tempat Presiden Jokowi Kurban Sapi, Seperti Apa Jenis nya?

Yudhistira Dwi Putra, Jurnalis · Kamis 31 Agustus 2017 08:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 30 337 1766496 ini-sejumlah-daerah-tempat-presiden-jokowi-kurban-sapi-seperti-apa-jenis-nya-GXpGXPl14D.jpg

JAKARTA - Rinto, utusan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung terpikat oleh penampilan fisik Kamis dan Pon, dua sapi lokal dari sebuah peternakan di wilayah Polokarto, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dua sapi berjenis benggala ini berukuran super besar. Kamis dengan ukurannya yang mencapai 8 kwintal, sedangkan Pon berukuran 9 kwintal. 

Rinto mengungkapkan, kriteria Kamis dan Pon sangat sesuai dengan kehendak keluarga Jokowi. Selain ukurannya yang besar, usia kedua sapi --Kamis (3 tahun) dan Pon (4 tahun)-- menjadi pertimbangannya memilih dua sapi tersebut.

"Ya,kedua sapi ini kriteria dan bobot sapi sudah sesuai. Usia sapi ini baru 3 tahun dan satunya 4 tahun. Tapi bobotnya sudah berat," tutur Rinto, Kamis (30/8/2017).

Menurut Rinto, Jokowi dan keluarga sengaja memilih sapi lokal untuk dijadikan hewan kurban. Alasannya, Jokowi ingin mengapresiasi kerja keras para peternak sapi lokal, sekaligus menunjukkan bahwa kualitas sapi lokal tak kalah dengan sapi impor.

"Bapak membeli sapi di sini adalah satu bukti dari kepercayaan Presiden terhadap peternak sapi lokal," kata Rinto.

Sementara itu, sang peternak, Kuncoro mengaku bangga, sapinya laris diangkut keluarga presiden. Menurut Kuncoro, suatu waktu ia pernah dengan sengaja menawarkan sapi miliknya kepada keluarga Jokowi. Kuncoro beruntung, sebab tawarannya itu langsung dijawab oleh Jokowi.

Meski menolak menyebutkan harga yang harus dibayar keluarga presiden kepadanya, Kuncoro menjamin kualitas sapi yang ia berikan kepada Jokowi adalah kualitas terbaik. Dan yang penting, jawa tulen.

"Pokoknya (harga) rahasialah. Yang jelas, sapi lokal Jawa tulen," pungkasnya.

Sementara itu, di Sumatera Barat, Presiden Jokowi menitipkan seekor sapi jenis Simental ke Masjid Raya Sumatera Barat. Sapi yang berasal dari Agam, Sumatera Barat ini memiliki bobot yang terbilang besar, yakni mencapai 1 ton.

Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumatera Barat, Ali Asmar mengungkap, ini bukan kali pertama Jokowi menitipkan hewan kurbannya di Masjid Raya Sumatera Barat.

"Tahun lalu, Jokowi juga berkurban sapi jenis yang sama dengan berat 1,2 ton," ungkap Ali.

Rencananya, sapi Simental sumbangan Jokowi akan disembelih di halaman masjid usai pelaksanaan sholat Iduladha, Jumat, 1 September 2017 mendatang. Lalu, daging kurban akan langsung dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

"Dagingnya akan kita serahkan kepada yang berhak menerima. Sehari sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Iduladha 1438 Hijriah, sapi tersebut akan tiba di Masjid Raya Sumbar," tambah Ali.

Lain di Solo, lain di Sumbar, maka lain juga di Bangka Belitung. Di sana, Jokowi menyumbangkan seekor sapi super besar seberat 1,3 ton. Rencananya, daging sapi seharga Rp 110 juta itu akan dibagikan kepada 1.400 kepala keluarga di Kecamatan Desa Payung, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung.

"Sapi ini milik Presiden kita Ir. Joko Widodo sudah diresmikan akan dikurbankan di Kecamatan Desa Payung, Kabupaten Bangka Selatan dengan bobot 1,3 ton dan seharga Rp110 juta," ujar Sadirun, peternak sapi dari Sapi Center, Pangkal Pinang. (ydp)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini