Jusuf Kalla Nilai Kenaikan Dana Parpol sebagai Hal Wajar

Reni Lestari, Okezone · Selasa 29 Agustus 2017 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 29 337 1765418 jusuf-kalla-nilai-kenaikan-dana-parpol-sebagai-hal-wajar-y2nQfzbNmC.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla (foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyetujui kenaikan dana parpol menjadi Rp 1.071 per suara sah. Keputusan itu tertuang pada Keputusan Menteri Keuangan No. 277/MK.02/2017 tanggal 29 Maret 2017.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai kenaikan tersebut adalah sesuatu yang wajar, karena dana parpol sebesar Rp 108 per suara sah sudah diberlakukan sejak 1999.

"Itu kira-kira sudah 15 tahun, semenjak saya pengurus Golkar sebelumnya sudah begitu. Jadi, ini wajar saja untuk menyesuaikan kondisi hari ini," kata JK di kantornya, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Di samping itu, JK menilai biaya partai semakin tinggi. Dengan kenaikan ini, diharapkan menekan politik transaksional untuk menggerakkan roda partai.

"Supaya jangan minta macam-macam. Oleh karena itu, sekaligus masuk APBN," kata dia.

JK tak menampik jika kenaikan ini akan membebani APBN. Namun menurutnya lebih berbahaya jika partai-partai mempertahankan praktik politik uang.

"Ya pasti, yang namanya di APBN, pasti membebani APBN. Tapi lebih berbahaya kalau partai-partai itu ingin kerja proyek, dan lebih menyulitkan kan," ujar dia.

Sebelumnya diketahui, keputusan ini diambil berdasarkan surat rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Menteri Keuangan Sri Mulyani menerangkan kenaikan itu sudah sesuai dengan aturan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini