nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terima Audiensi BATAN, Menko Polhukam Janji Promosikan Hasil Teknologi Pengawetan Makanan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 14:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 28 337 1764547 terima-audiensi-batan-menko-polhukam-janji-promosikan-hasil-teknologi-pengawetan-makanan-3E8e7g2mH0.jpg Menko Polhukam Wiranto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melakukan audiensi dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan, pihaknya telah menyampaikan sejumlah teknologi di bidang pertanian, kesehatan hingga energi yang ‎dapat dikelola pemerintah guna memaksimalkan hasil pertanian yang ada di Indonesia.

"‎Kalau itu bisa kita kerjasamakan dengan sesama lembaga pemerintah itu bisa lebih bagus, jika BATAN bergerak sendirian. Ini mungkin tidak berkaitan dengan Polhukam, tapi paling tidak ini menjadi sesuatu yang bagus, kita punya lho produk untuk pengawetan makanan, dari sisi ketahanan pangan penting. Kita sampaikan ke beliau (Wiranto)," kata Djarot di Kemenko Polhukam.

Menurut Djarot, Menko Polhukam Wiranto telah berjanji untuk menyampaikan hasil teknologi yang dimiliki BATAN kepada pihak terkait lainnya di pemerintah. ‎Ia mengklaim, mantan Panglima ABRI itu juga akan mempromosikan teknologi yang dimiliki BATAN untuk mempromosikan kepada pihak lainnya.

"Kita itu di pertanian ada varietas padi, ada sebanyak 22 varietas yang kita produksi," ujarnya.

Djarot menjelaskan, bahwa saat ini BATAN ‎hanya memiliki empat kantor yang ada di Tanah Air. Sehingga, tantangan ke depan bagaimana dapat menghadirkan Kantor BATAN untuk berdiri di 34 provinsi di Indonesia guna mengefektifkan pengelolaan hasil panen petani.

"Tantangannya kan kita hanya punya Bandung Yogya, Serpong dan Jakarta. Mestinya, kalau kita bisa viralkan ke 34 provinsi melalui kementerian terkait itu jauh lebih efektif daripada produknya itu. Kita (saat ini) hanya di tiga daerah, di mana Batan punya kantor," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini