Malaysia Diminta Serius Investigasi Insiden Bendera Terbalik

Rayful Mudassir, Okezone · Rabu 23 Agustus 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 22 337 1760955 malaysia-diminta-serius-investigasi-insiden-bendera-terbalik-Ag2aqbGqlN.jpg

JAKARTA – Nampaknya, insiden bendera terbalik di dalam buku panduan pesta olahraga Asia Tenggara SEA Games 2017 benar-benar mendapat perhatian serius. Kali ini Anggota Komisi X DPR RI, Dadang Rusdiana meminta pemerintah Malaysia bergegas melakukan investigasi terkait insiden tersebut.

Kata dadang, ivestigasi dilakukan selain untuk mengetahui akar permasalahan yang terjadi, juga perlu dilakukan untuk meredam emosi dari masyarakat Indonesia. Karena pernyataan kesalahan teknis yang diutarakan Malaysia juga harus dibuktikan benar sehingga tidak mengundang tanda tanya publik.

“Kalau pemerintah Malaysia mengatakan permohonan maaf (dan) itu kesalahan teknis, harus buktikan itu kesalahan teknis, gitu. Malaysia harus serius melakukan investigasi dan kita akan minta ditindak tegas,” kata Dadang dalam diskusi Redbons ‘Semangat Juang Garuda dibalik Insiden Bendera’ di Redaksi Okezone, Selasa (22/8/2017).

Dikatakan Dadang, hubungan antara Indonesia dan Malaysia selama ini naik turun, terkadang panas juga dingin. DPR mengaku tidak bermaksud untuk membesar-besarkan masalah ini. Namun untuk meredakan emosi masyarakat akibat mengetahui insiden memalukan itu, diperlukan investigasi.

Jika memang disebut sebagai kesalahan teknis kata Dadang, harusnya ada yang melakukan kesalahan itu dan memberikan sangsi kepada pelaku. Disamping itu juga setiap tahapan investigasi benar-benar harus di sampaikan kepada publik.

Sementara Pengamat Intelijen dan Pertahanan Negara, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menambahkan, investigasi merupakan salah satu cara deteksi ini. Meski terlihat sederhana, namun kasus ini dikhawatirkan merembet pada hal lain.

“Alangkah naifnya kita kalau kita mengatakan itu betul kesengajaan tanpa kita investigasi. Investigasi jangan hanya dilakukan oleh Malaysia tapi juga Indonesia,” ujar pengamat yang sering disapa Nining itu.

Seperti diketahui bendera Indonesia tercetak terbalik dalam buku panduan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. Temuan itu memunculkan beragam komentar kemarahan dari masyarakat di Indonesia. Pemerintah Malaysia juga telah menyampaikan permohonan maafnya kepada publik di Tanah Air.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini