nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Temui Sekjen Partai Komunis Vietnam, Wakil Ketua MPR: Kita Sepakat Jadikan ASEAN Damai

ant, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 18:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 22 337 1760850 usai-temui-sekjen-partai-komunis-vietnam-wakil-ketua-mpr-kita-sepakat-jadikan-asean-damai-pHdV4LwS39.jpg Sekjen Partai Komunis Vietnam di Gedung MPR-DPR (Foto: Antara)

JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan pemerintah Vietnam sepakat untuk meningkatkan perdamaian di ASEAN dengan menciptakan hubungan baik antarnegara di kawasan, kata Wakil Ketua MPR EE Mangindaan.

"Kami sepakat untuk menjadikan kawasan ASEAN tetap damai, hubungan antarparlemen, dan persahabatan bagus di kawasan ASEAN," kata Mangindaan usai menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong beserta anggota Komite Sentral Partai Komunis Vietnam merangkap Menteri Kabinet Vietnam, di Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa (22/8/2017).

Mangindaan mengatakan, ada beberapa poin yang disampaikan dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, yaitu MPR dan Vietnam berharap persahabat antara kedua negara lebih meningkat di masa yang akan datang.

Dia menjelaskan Vietnam dan Indonesia sepakat jika terjadi persoalan maka penyelesaiannya harus dilakukan bersama dan saling hormat menghormati.

Politisi Partai Demokrat itu mengatakan dalam pertemuan juga menyinggung batas zona ekonomi ekslusif (ZEE) kedua negara dan saat ini tim teknis sedang bekerja untuk menyelesaikan.

"Bagus juga kalau diselesaikan sehingga bisa menjaga kawasan ini terutama sumber daya ikan. Jadi, bisa memanfaatkan bersama kawasan ini dengan saling menghormati satu sama lainnya," ujarnya.

Mangindaan menilai tidak perlu dipersoalkan adanya anggapan negatif ketika MPR menerima perwakilan Partai Komunis Vietnam itu karena lembaganya menerima sebagai negara sahabat Indonesia.

Dia menilai ideologi Indonesia adalah Pancasila dan sebagai negara, bersahabat dengan negara-negara lain sah-sah saja dilakukan.

Dalam pertemuan itu Mangindaan didampingi Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan MPR di MPR Ahmad Basarah, pimpinan Fraksi PPP di MPR Arwani Thomafi, pimpinan Fraksi Partai Nasdem Bahtiar Ali, pimpinan Fraksi PKS Andi Akmal Pasludin, pimpinan Fraksi Partai Hanura Syarifuddin Suding, pimpinan Fraksi Partai Demokrat Linda Megawati.

Sekjen Komite Pusat Partai Komunias Vietnam Nguyen Phu Trong didampingi antara lain anggota Biro Politik (Polit Biro), Wakil Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri Phan Binh Minh, anggota Polit Biro, Sekretaris Komite Kota Hanoi Partai Komunis Vietnam Hoang Trung Hai, Sekretaris Komite Pusat sekaligus Kepala Kantor Partai Komunis Vietnam Nguyan Van Nen.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini