Insiden Bendera Terbalik, Mahfud MD Hingga Megawati Angkat Bicara

Tim Okezone, Okezone · Selasa 22 Agustus 2017 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 337 1760207 insiden-bendera-terbalik-mahfud-md-hingga-megawati-angkat-bicara-vbqhbw5ZF6.jpg Gambar bendera Indonesia yang terbalik di dalam buku panduan SEA Games 2017. (Foto:Twitter/Imam Nahrawi)

JAKARTA - Perhelatan SEA Games 2017 yang baru saja dimulai langsung mendapat sorotan. Pasalnya, dalam buku bertajuk 'Souvenir Special' yang dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menpora Imam Nahrawi saat upacara pembukaan pesta olahraga bangsa Asia Tenggara yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu 19 Agustus 2017, terlihat benar keteledoran panitia pelaksana.

Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih menyerupai bendera Polandia. Posisi itu bersebelahan dengan bendera Malaysia.

Bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini sebenarnya untuk menandakan negara yang sudah menjadi tuan rumah SEA Games. Dibawah bendera tersebut terpampang jelas tahun ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011. Kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Menanggapi insiden tersebut, Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Mahfud MD marah lantaran tersinggung bendera Indonesia dicetak terbalik dalam panduan Sea Games 2017.

"Terus terang kita merasa marah dan sangat tersinggung yang terjadi di Malaysia itu. Masa Malaysia bisa begitu cerobohnya membuat gambar bendera Indonesia terbalik," kata Mahfud saat menghadiri acara diskusi di Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (21/8/2017).

Mantan Menteri Pertahanan Indonesia ini menaruh curiga insiden tersebut disengaja. Hal itu karena seringkali Malaysia membuat atau melakukan hal hal yang tidak menyenangkan terhadap Indonesia.

"Oleh sebab itu, pemerintah harus tegas menghadapi ini. Saya kira maaf yang sifatnya basa basi, menurut saya kurang ya," katanya.

Selain Mahfud, mantan orang nomor satu di Indonesia Megawati Soekarno Putri turut mengomentari insiden tersebut. Ia mengaku bangga dengan masyarakat yang merespon cepat soal terbaliknya bendera Indonesia dalam buku panduan Sea Games 2017 di Malaysia.

Menurut Ketua Umum PDI Perjuangan itu merupakan bukti nyata bahwa jiwa nasionalisme rakyat Indonesia masih tertancap di dalam raganya. Hal itu dapat terlihat dengan gencarnya protes kepada Negeri Jiran tersebut.

"Artinya warga Indonesia masih sangat mencintai simbol negaranya. Sebab, kalau bukan kita siapa lagi yang menghormatinya," tandasnya.(fin)

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini