nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI MERDEKA: Dari Luar Istana, Ribuan Rakyat Indonesia Saksikan Upacara Pengibaran Bendera Pusaka

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 09:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 17 337 1757598 hari-merdeka-dari-luar-istana-ribuan-rakyat-indonesia-saksikan-upacara-pengibaran-bendera-pusaka-FmxDWwubip.jpg Ribuan Rakyat Indonesia Saksikan Upacara Bendera dari Luar Istana (Foto: Arie/Okezone)

JAKARTA - Upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tengah berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Upacara di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri oleh para tamu undangan baik dari kalangan wakil rakyat hingga masyarakat adat.

Dan di luar Istana Merdeka, ribuan rakyat Indonesia juga turut ingin memeriahkan hari kemerdekaan dengan menyaksikan langsung prosesi upacara pengibaran bendera merah putih.

Salah satu warga Jakarta Selatan, Santi mengatakan, dirinya sengaja mengajak anaknya untuk ikut‎ menyaksikan prosesi upacara pengibaran bendera merah di. Meski bukan tamu undangan, Santi tetap antusias mengikuti jalannya prosesi upacara pengibaran bendera pusaka.

"Ini tahun lalu juga seperti ini, ada pawai kereta kencana, sekarang ada lagi. Saya sih antusias saja bisa menyaksikan langsung walaupun dari luar," kata Santi di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2017).

Pantauan Okezone, sebuah panggung dengan layar yang cukup besar untuk menampilkan prosesi upacara pengibaran bendera merah putih sengaja dipersiapkan pihak Istana Kepresidenan agar masyarakat juga dapat menyaksikan secara langsung.

Panggung tersebut tepat didirikan di depan Istana Merdeka, di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Ribuan rakyat pun tumpah ruah di jalanan tersebut untuk menyaksikan langsung upacara menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

Pihak kepolisian cukup ketat mengamankan jalannya prosesi upacara kenegaraan tersebut. Kawat berduri atau barrier disiapkan disisi jalan untuk mengantisipasi adanya demo ditengah-tengah jalannya upacara pengibaran bendera.‎

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini