nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI MERDEKA: Kirab Bendera Pusaka Telah Tiba di Istana, Upacara Kemerdekaan ke-72 Tahun Segera Dimulai

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 09:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 17 337 1757594 hari-merdeka-kirap-bendera-pusaka-8206-telah-tiba-di-istana-upacara-kemerdekaan-ke-72-tahun-segera-dimulai-Jer1wvmPGa.jpg foto: Okezone

JAKARTA - Upacara kemerdekaan Indonesia ke-72 tahun‎ akan segera dimulai setelah acara kirab bendera pusaka telah tiba di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2017), sekira pukul 08.50 WIB.

Saat tiba di halaman Istana Merdeka, bendara pusaka langsung diambil oleh Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibraka) yang akan diserahkan ‎kepada Kepala Sekretarian Presiden dan selanjutnya diberikan kepada Ajudan presiden. Selain itu, parade bendera pusaka juga membawa teks naskah proklamasi yang dibawa dari Monumen Nasional (Monas).

Parade ini datang dengan dikawal para suku budaya dengan menggenakan pakaian adatnya masing-masing. ‎Setelah sesi tersebut berlangsung, ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, Mufidah Kalla akan memasuki tempat upacara.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara menggenakan pakaian adat dari Sumatera saat menempati tempat duduk di panggung kehormatan. Belum dapat dipastikan pakaian adat mana yang dikenakan oleh Kepala Negara.

Setelah itu, Komandan Upacara memberikan laporan kepada Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara bawa upacara pertanda dimulai upacara bendara ini. Tepat pukul 10.00 WIB, peringatan detik-detik proklamasi akan dirayakan. Tembakan meriam sebanyak 17 kali pun akan dilakukan guna memperingati kemerdekaan Indonesia ke-72 tahun.

Upacara hari kemerdekaan RI kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan kemudian melaksanakan mengheningkan cipta. Upacara kemudian memasuki sesi pengibaran bendera.

Setelah pengibaran bendera dilaksanakan. Presiden Jokowi dan Ibu Negara serta jajarannya akan meninggalkan kompleks upacara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini