nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI MERDEKA: Sambut Tamu Undangan Upacara HUT Ke-72 RI, Istana Alunkan Tembang Jawa

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 17 Agustus 2017 07:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 17 337 1757562 hari-merdeka-sambut-tamu-undangan-upacara-hut-ke-72-ri-istana-alunkan-tembang-jawa-k5uMm45WZv.jpg Peyambutan tamu undangan di Istana Negara (foto: Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Para tamu negara yang akan mengikuti serangkaian prosesi ‎upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Indonesia dihibur oleh berbagai lagu asal Jawa saat memasuki pintu Sekretariat Negara (Setneg), sebelum memasuki lokasi digelarnya upacara bendera.

Adapun penampilan musik tersebut dilakukan oleh musik ilustrasi Krumpyung persembahan dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain itu, alunan musik gamelan juga dipersembahkan oleh musik ilustrasi tradisional dari anak-anak SDN Sukorejo 1 Parengan, Tuban.

Upacara bendera dalam merayakan kemerdekaan ke-71 ini dijadwalkan akan didahului dengan prosesi arak-arakan bendera pusaka. Prosesi arak-arakan bendera pusaka dimulai dari Monumen Nasional (Monas) menuju Istana Negara sekira pukul 08.00 WIB.

 

Arak-arakan ini akan diawali dengan penyerahan bendera dan naskah proklamasi dari Kepala Sekretariat Presiden kepada Ajudan Presiden.

Selanjutnya, ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, Mufidah Kalla akan memasuki tempat upacara. Mereka menempati tempat duduk di panggung kehormatan.

Kemudian, acara upacara bendara ini akan menunjukkan aksi dari pesawat tempur F-16 dan Sukhoi melintas di atas langit Istana. Paduan suara juga akan melantunkan sejumlah lagu kebangsaan Indonesia.

Setelah itu, Komandan Upacara memberikan laporan kepada Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara bawa upacara pertanda dimulai upacara bendara ini. Tepat pukul 10.00 WIB, peringatan detik-detik proklamasi akan dirayakan. Tembakan meriam sebanyak 17 kali pun akan dilakukan guna memperingati kemerdekaan Indonesia ke-72 tahun.

Upacara hari kemerdekaan RI kemudian dilanjutkan dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan kemudian melaksanakan mengheningkan cipta. Upacara kemudian memasuki sesi pengibaran bendera.

Setelah pengibaran bendera dilaksanakan. Presiden Jokowi dan Ibu Negara serta jajarannya akan meninggalkan lokasi upacara.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini