nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lomba Masak Hasil Laut di Istana, Jokowi: Kita Ingin Mengingatkan Potensi Ikan di Indonesia

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Selasa 15 Agustus 2017 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 15 337 1756296 lomba-masak-hasil-laut-di-istana-jokowi-kita-ingin-mengingatkan-potensi-ikan-di-indonesia-0YMeybPc0h.jpg Lomba masak di Istana. (Fakhrizal F/Okezone)

JAKARTA – Untuk pertama kali, pemerintah mengadakan lomba memasak yang digelar di Kompleks Istana Kepresidenan, Gambir, Jakarta Pusat. Lomba ini merupakan salah satu ajang dalam perayaan Bulan Kemerdekaan guna memperingati hari kemerdekaan ke-72 Indonesia.

‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, lomba masak ikan nusantara‎ digelar guna membangkitkan kembali semangat untuk mengonsumsi ikan. Apalagi, Indonesia memiliki potensi ikan yang berlimpah di seluruh lautannya.

"Kita ingin segera membangkitkan kembali, menyadarkan kita kembali, mengingatkan kita kembali bahwa yang namanya ikan ini potensinya besar sekali di negara kita," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/7/2017).

Potensi ikan semakin berlimpah tatkala Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti gencar menenggelamkan kapal dari para pelaku illegal fishing yang mencuri ikan Indonesia.

"Apalagi setelah illegal fishing dikejar-kejar sama Bu Susi. Jadi produksi ikan jadi banyak, untuk apa? Ya pertama untuk konsumsi sendiri sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Kepala Negara menjelaskan, lomba masak ikan nusantara bertujuan untuk memperkenalkan masakan-masakan dari bahan pokok hasil para nelayan di Indonesia itu. Masakan itu seperti dari ikan, cumi-cumi, hingga kerang yang berlimpah di bibir pantai Indonesia.

"‎Semuanya mengenalkan pada masyarakat. Jangan malah larinya ke daging, steak, padahal ikan-ikannya ada. Dan yang paling penting lebih murah, lebih bergizi. Itu yang menurut saya kita terus akan kenalkan cara-cara memasak ikan ini agar semakin banyak ikan (yang dikonsumsi)," imbuhnya.

Presiden Jokowi meminta ikan tidak hanya digoreng tapi bisa dimasak seperti botok ikan. Bahkan, ujar dia, ikan juga dapat diolah menjadi minuman es cendol dan burger ikan.

"‎Yang macam-macam itu banyak, ini baru sekali, kalau nanti di semua kota itu melakukan ini, akan jadi mengenalkan kepada masyarakat. Di coba aja. Tadi pedas banget, tapi juga enak," tukasnya. (sym)

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini