nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Sentil Mendikbud dan Menristekdikti, JK: Itu Dorongan agar Lebih Kreatif

Badriyanto, Jurnalis · Sabtu 05 Agustus 2017 14:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 05 337 1750388 jokowi-sentil-mendikbud-dan-menristek-jk-itu-dorongan-agar-lebih-kreatif-Uo6wXuf5UJ.jpg Wakil Presdien Jusuf Kalla. Foto dok Antara

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan dua menteri yakni Mendikbud Muhadjir Effendi dan Menristek Dikti Muhammad Nasir agar dengan segera merespons perkembangan yang terjadi di dunia global untuk kemajuan Indonesia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyebut, kritik Jokowi itu hal yang biasa disampaikan oleh seorang Presiden sebagai vitamin untuk mendorong kinerja para pembantunya agar semakin maksimal.

"Itu jadi dorongan agar kedua menteri itu lebih kreatif," kata JK saat menghadiri acara wisuda Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) di Jakarta, Sabtu (5/8/2017).

JK juga memaklumi kekhawatiran Presiden Jokowi. Mengingat dua kementerian merupakan ujung tombak negara untuk mencetak karakter anak muda sebagai generasi bangsa, dua Kementerian itu juga termasuk lembaga yang mendapat anggaran besar.

"Tentu ada yang dikerjakannya dengan baik, ada yang rutin tapi artinya penilaian kerja harus lebih maju lagi. Jangan lupa pendidikan kita anggarannya terbesar dari semua sektor dan maka itulah harus ada prestasinya," jelasnya.

Seperti diketahui, kritik Jokowi itu disampaikan pada Jumat 4 Agustus kamarin saat menghadiri acara Rapimnas Partai Hanura di Bali. Jokowi menyebut, globalisasi akan mengubah peta politik dan ekonomi dunia sehingga Indonesia harus menyiapkan diri lewat pendidikan.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini