nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berikut Daftar Lengkap 65 Penerima Penghargaan dalam Hari Lingkungan Hidup 2017

Tim Okezone, Okezone · Kamis 03 Agustus 2017 10:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 03 337 1748954 berikut-daftar-lengkap-65-penerima-penghargaan-dalam-hari-lingkungan-hidup-2017-wmeZn3SVTC.jpg (Foto: Twitter Kementerian LHK)

JAKARTA – Sebanyak 65 penghargaan diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017.

Sebanyak 65 penghargaan itu terdiri atas 10 penghargaan Kalpataru, 16 Adipura, 6 Adipura Kencana, 24 Adiwiyata, dan 9 Nirwasita Tantra. Penghargaan itu disampaikan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya, disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian LHK.

“Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat, sekolah, dan para pemerintah daerah atas aksi nyata pelestarian lingkungan hidup dan hutan, Kementerian LHK memberikan lima jenis penghargaan bidang LHK pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2017,” demikian keterangan tertulis dari Kementerian LHK, Rabu (3/8/2017).

(Baca Juga: Mantap! 65 Penghargaan Warnai Hari Lingkungan Hidup 2017)

Sebanyak 10 penghargaan Kalpataru tersebut terdiri atas kategori perintis, pengabdi, penyelamat, dan pembina. Dua perintis tersebut yaitu Anuar (Sumatera Utara) dan Agus Bei (Kalimantan Timur), sedangkan dua orang pengabdi adalah Mahariah (DKI Jakarta), Heri Supriyatna (Jawa Barat).

Empat kelompok penyelamat lingkungan yang diberi Kalpataru yaitu Kelompok Pelestari Penyu Kurma Asih Desa Peracak (Bali), Kelompok Nelayan Samudera Bakti (Jawa Timur), Kelompok Masyarakat Pengawas Danau Lindung (Kalimantan Barat), dan Kelompok Pencinta Alam Isyo Hill’sRepang Muaif (Papua). Sedangkan dua penerima lainnya adalah pembina lingkungan yaitu SaptonoTanjung (DI Yogyakarta) dan Lefrand Adam Singai (Kalimantan Utara). Sejak tahun 1980 sampai dengan 2017, sebanyak 357 penghargaan Kalpataru telah diberikan, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, keenam belas penerima Adipura tersebut adalah Walikota Depok, Bupati Magelang, Bupati Ogan Komering Ulu, Bupati Bangka Selatan, Bupati Barito Kuala, Bupati Subang, Bupati Bangka Tengah, Bupati Kuantan Singingi, Bupati Bungo, Bupati Pekalongan, Bupati Kapuas, Bupati Bone Bolango, Bupati Banggai, Walikota Padang, Walikota Sawahlunto, dan Bupati Lampung Utara.

Keenam peraih penghargaan Adipura Kencana adalah Walikota Surabaya, Walikota Tangerang, Walikota Balikpapan, Walikota Malang, Bupati Kudus, dan Bupati Jombang. Piala Adipura Kencana diberikan sebagai penghargaan Adipura tertinggi bagi kabupaten/kota yang telah meraih Adipura minimal tiga kali berturut-turut.

Selain itu, penghargaan Nirwasita Tantra diberikan kepada 9 penerima, terdiri dari 3 gubernur, 3 bupati, dan 3 wali kota. Rinciannya penerima Nirwasita Tantra adalah Gubernur Jawa Timur, Gubernur Sumatera Barat, Gubernur DKI Jakarta, Bupati Malang, Bupati Dharmasraya, Bupati Sukoharjo, Walikota Surabaya, Walikota Balikpapan, dan Walikota Bukittingi. Khusus untuk Provinsi Jawa Timur dan Kota Surabaya telah mendapatkan penghargaan selama dua tahun berturut-turut, dan Kabupaten Malang mulai tahun ini memperoleh piala bergilir.

Sementara itu, penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan kepada 24 sekolah yang tersebar di berbagai wilayah. Sebanyak 89 sekolah lainnya menerima piala dan piagam Adiwiyata.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini