nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantap! 65 Penghargaan Warnai Hari Lingkungan Hidup 2017

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Kamis 03 Agustus 2017 08:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 03 337 1748932 peringati-hari-lingkungan-hidup-jokowi-ingatkan-pentingnya-alam-Iptgt9dN1S.jpg (Foto: Antara)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan, sejak zaman dahulu, kehidupan manusia bergantung dengan alam. Manusia pun tak dapat dipisahkan dengan alam.

"Hidup kita orang Indonesia dari dulu bergantung dan jadi satu dengan alam, ini yang tidak boleh kita lupa karena alam Indonesia adalah identitas penting kita sebagai manusia Indonesia dan satu kesatuan dengan alam nusantara," kata Jokowi saat menghadiri penyerahan penghargaan Kalpataru dan penghargaan lingkungan hidup lain dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017 di kompleks Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Jokowi mengatakan, tema yang diangkat oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup 2017, yakni "Connecting People to Nature" (menyatu dengan alam), sudah tepat.

“Oleh sebab itu, tepat tema LHK tahun ini yaitu menyatu dengan alam,” katanya.

(Baca Juga: Peraih Penghargaan Kalpataru Curhat ke Presiden, Rumahnya Roboh Tertimpa Pohon)

Sekadar diketahui, dalam acara tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyerahkan penghargaan kepada perorangan, kelompok, kepala daerah dan sekolah yang ikut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Dalam acara itu, penghargaan Kalpataru diberikan kepada 10 orang penerima, Adipura Kencana kepada 6 orang, Adipura kepada 16 orang, Adiwiyata Mandiri kepada 24 orang dan Nirwasita Tantra kepada 9 orang yang terdiri atas 3 gubernur, 3 bupati, dan 3 wali kota.

Usai menyerahkan penghargaan, Presiden Jokowi menanam pohon jati (tectona grandis) di Arboretum Lukito Aryadi sebagai simbol (landmark) Hutan Indonesia. Selain itu, Jokowi menandatangani prasasti "landmark" Hutan Indonesia pada kayu fosil yang ditemukan 12 meter di bahwa tanah. Presiden pun meluncurkan perangko Hari Lingkungan Hidup.

"Hari ini juga diluncurkan perangko ajakan untuk menanam 25 pohon seumur hidup," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini