nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Granat: Seluruh Sektor Pemerintah Harus Bersinergi Berantas Narkoba!

Muhammad Iqbal, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 06:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 02 337 1748182 granat-seluruh-sektor-pemerintah-harus-bersinergi-berantas-narkoba-j-TS7581nDbc.jpg foto: Illustrasi Okezone

JAKARTA - Dalam melakukan pemberantasan narkotika di negeri ini, Gerakan Anti Narkotika (Granat) menganggap perlu adanya kerjasama antara instansi terkait. Hal tersebut diulakukan guna memberikan informasi dan juga kekuatan bersama dalam komitmen pemberantasan narkotika.

Sekretaris Jenderal Granat Azhar Soerjobroto menjelaskan, ada beberapa langkah yang sudah disampaikan Presiden Joko Widodo untuk menanggulangi masalah narkoba. Pertama, sektor seperti BNN, Polri, TNI, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kominfo, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, harus bekerjasama dan bersinergi.

"Semua kementerian lembaga menghilangkan ego sektoral, mereka semua harus bekerjasama memerangi narkotika," ungkap Azhar saat berbincang kepada Okezone, Rabu (2/8/2017).

Ia melanjutkan, Jokowi pernah mengingatkan untuk menyatakan perang terhadap narkoba. Menurut dia, saat ini Presiden sudah memerintahkan untuk mengambil langkah tegas dalam menindak kejahatan narkotika.

“Dalam penanganan hukum harus lebih keras lagi, lebih tegas lagi pada jaringan-jaringan yang terlibat dan menyalahgunakan narkoba,” tegasnya.

Selain itu, ia menjelaskan, dalam hal ini langkah ketiga yang pernah dijelaskan oleh Presiden yakni, menutup semua celah penyelundupan narkoba.

“Tutup celah semua penyelundupan yang berkaitan dengan narkoba di pintu-pintu masuk, baik dipelabuhan maupun di bandara, juga di pelabuhan-pelabuhan kecil kita,” imbuhnya.

Azhar melanjutkan, Presiden pernah meminta agar kampanye kreatif bahaya narkoba terus digaungkan terutama untuk kalangan muda. Karena menurut dia kalangan ini paling rentan terjerumus oleh penyalahgunaan barang haram tersebut.

“Selanjutnya, pengawasan di lembaga pemasyarakatan (lapas) lebih diperketat. Terutama lapas narkoba itu betul-betul harus dilakukan. Bahkan tidak hanya itu saja, BNN juga harus melakukan pengecekan secara rutin,” pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini