nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ungkap Kejahatan Siber WNA, JK: Ini Hasil Kerja Sama Polisi Indonesia dengan China

Taufik Fajar, Jurnalis · Minggu 30 Juli 2017 19:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 30 337 1746697 ungkap-kejahatan-siber-wna-jk-ini-hasil-kerja-sama-polisi-indonesia-dengan-china-iyg5yBuLsd.jpg Wakil Presiden Jusuf Kalla (Foto: Okezone)

JAKARTA – Polisi berhasil menggerebek dan menangkap Warga Negara Asing (WNA) yang hampir seluruhnya barasal dari China di tiga kota, yakni, Jakarta, Surabaya, dan Bali. Kejahatan itu diduga penipuan online (kejahatan siber) lintas negara.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, terungkapnya kejahatan itu merupakan hasil kerja sama yang dibangun oleh Kepolisian Indonesia dan Kepolisian China.

"Inilah kerja sama dengan polisi kita dan polisi China. Pelaku membuat kriminal ini korbannya ya dari negaranya juga," ujar Jusuf Kalla di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Selatan, Minggu (30/7/2017).

Menurut dia, WNA asal China merupakan turis terbesar di Indonesia saat ini. Karena itu dugaan tindakan kejahatan siber itu bisa saja terjadi.

(Baca juga: Terungkap! Begini Modus WNA Penipu Siber Surabaya Jerat Korbannya)

"Harus diingat juga China itu menyumbang turis terbesar saat ini, jadi tindakan itu bisa terjadi," tuturnya.

Seperti diketahui, kepolisian berhasil mengukap kasus kejahatan siber internasional yang dilakukan WNA asal China di tiga kota yang berbeda.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini