Ratas Bela Negara, Jokowi: Ajari Anak-Anak Etos Kerja, Disiplin, Integritas dan Cinta Bangsanya!

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 26 Juli 2017 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 26 337 1744352 ratas-bela-negara-jokowi-ajari-anak-anak-etos-kerja-disiplin-integritas-dan-cinta-bangsanya-F4xFxr4E8P.jpg Presiden Jokowi dan Panglima TNI serta Kapolri. (foto: Antara)

JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut ancaman terhadap kedaulatan bangsa Indonesia telah berkembang menjadi multidimensi. Menurut dia, ancaman tersebut tidak hanya berupa kekuatan fisik namun berupa ancaman ideologis, politik, ekonomi hingga sosial dan budaya.

"Saya ingin menegaskan lagi bahwa pemerintah bersama-sama dengan rakyat tidak akan tinggal diam terhadap upaya-upaya sistematis untuk mengancam kedaulatan NKRI. Kita juga tidak akan membiarkan adanya upaya yang merongrong Pancasila sebagai dasar negara," kata Jokowi saat menggelar ratas dengan topik 'Pementapan Program Bela Negara' di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/7/2017).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan, pemerintah akan menghimpun energi kolektif bangsa dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang multidimensi itu.

"Saya meminta kembali Bela Negara adalah tugas kita bersama dan tanggungjawab semua sebagai warga negara sebagai anak bangsa diamana pun kita berada. Apapun latar belakangnya, apapun pendidikannya, apapun sukunya, semuanya sesuai dengan amanat konstitusi memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam hal upaya Bela Negara," sambungnya.

Oleh karena itu, Jokowi berharap nilai-nilai nasionalisme dan jiwa patriotisme dalam Bela Negara terus ditanamkan sejak dini kepada generasi bangsa. Ia meminta, seluruh elemen bangsa untuk bangga terhadap Kebhinekaan Indonesia.

"‎Nilai-nilai nasionalisme dan jiwa patriotisme dalam membela bangsa dan negara harus dipupuk sejak dini sejak mulai anak-anak. Anak-anak harus mulai diajarkan nilai-nilai etos kerja, nilai-nilai disiplin integritas, dan nilai-nilai yang mencintai bangsanya. Bangga akan tanah airnya yang Bhineka Tunngal Ika," pungkasnya. (sym)

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini