nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK: Orang Palestina Harus Bersatu Lawan Israel

Reni Lestari, Jurnalis · Selasa 25 Juli 2017 18:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 07 25 337 1743715 jk-orang-palestina-harus-bersatu-lawan-israel-0hNoNwChab.jpg Wapres RI Jusuf Kalla (Foto: Antara)

JAKARTA - Penyerangan di Masjid Al Aqsa oleh tentara Israel beberapa waktu lalu mengundang kecaman dan keprihatinan dunia. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, insiden yang menewaskan tiga orang tersebut merupakan peristiwa klasik dalam rentang panjang konflik Palestina-Israel.

Menurutnya, Pemerintah Indonesia telah berusaha semaksimal mungkin untuk meredam konflik di Tanah Suci Tiga Agama tersebut.

"Ini masalah klasik sebenarnya, pasti yang akan kejadian soal Palestina terus-menerus, kita sudah pernah (mengadakan) summit disini, seruan segala macam, upaya di dewan keamanan PBB, dengan statement," kata JK di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

JK mengatakan, untuk menghadapi konflik ini warga Palestina yang secara politik masih terbelah harus segera merapatkan barisan. Selama ini diketahui dua partai besar di Palestina yakni Hammas dan Fatah berkonflik sejak 2007 dan upaya rekonsiliasi selalu menemui jalan buntu.

"Intinya saat ini orang Palestina sendiri harus bersatu. Sampai sekarang Palestina, Fatah dengan Hammas tidak bersatu, mau gimana mereka melawan Israel? Kalau solidaritas sangat tinggi di mana-mana," ujarnya.

Sebelumnya diketahui penembakan pihak keamanan Israel di Kompleks Masjid Al Aqsa, Yerusalem, terjadi pada Kamis, 20 Juli 2017. Serangan tersebut menyebabkan tiga orang jamaah tewas dan lebih dari 100 orang mengalami luka-luka.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini