nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hingga Pukul 22.30, Paripurna RUU Pemilu Masih Skorsing, Demokrat Lakukan Konsolidasi Internal Partai

Bayu Septianto, Jurnalis · Kamis 20 Juli 2017 22:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 20 337 1741035 hingga-pukul-22-30-paripurna-ruu-pemilu-masih-skorsing-demokrat-lakukan-konsolidasi-internal-partai-YbOBS7S3VV.jpg Sidang paripurna. (Bayu S/Okezone)

JAKARTA - Rapat paripurna pengambilan keputusan lima isu krusial RUU Pemilu belum dimulai hingga Kamis (20/7/2017) malam.
Sejak pukul 14.00 WIB paripurna diskors untuk dilakukan lobi-lobo agar mencapai kesepakatan dalam musyawarah mufakat. Namun, skorsing di parirpurna kembali ditunda hingga pukul 19.30 WIB. Namun, hingga saat ini belum juga dimulai.
Sementra kini, para anggota dewan sudah mulai masuk ke dalam ruang rapat paripurna. Pimpinan DPR juga sudah terlihat, namun mereka masih berdiri untuk berkumpul. 
Teriakan-teriakan mulai muncul dari fraksi Partai Gerindra yang berkumpul lalu berteriak dengan kompaknya. Fraksi partai lain juga terlihat nelakukan hal demikian.
Sementara Fraksi Demokrat terlihat keluar dari ruang rapat paripurna. Sekjen Demokrat, Didik Mukrianto mengatakan mereka berkumpul untuk konsolidasi internal di ruang fraksi.
"Ada konsolidasi internal di fraksi lantai 9,” terang Didik.
Molornya paripurna malam ini lantaran masih diadakan lobi antara pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi sebelum dimulainya rapat paripurna.
Seperti diketahui, hingga kini, sebanyak enam fraksi yaitu PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem dan Hanura sudah sepakat terhadap opsi paket A. Sedangkan Gerindra, PKS dan Demokrat berkukuh dengan opsi paket B. Sementara PAN memilih jalan tengah dengan opsi C. 
Adapun peta ketiga opsi yang mengerucut pada malam ini yaitu:
1. Paket A
- Ambang batas presiden: 20/25 persen
- Ambang batas parlemen: 4 persen
- Sistem pemilu: terbuka
- Besaran kursi: 3-10
- Konversi suara: sainte lague murni
2. Paket B
- Ambang batas presiden: 0 persen
- Ambang batas parlemen: 4 persen
- Sistem pemilu: terbuka
- Besaran kursi: 3-10
- Konversi suara: kuota hare
3. Paket C
- Ambang batas presiden: 10/15 persen
- Ambang batas parlemen: 4 persen
- Sistem pemilu: terbuka
- Besaran kursi: 3-10
- Konversi suara: kuota hare

JAKARTA - Rapat paripurna pengambilan keputusan lima isu krusial RUU Pemilu belum dimulai hingga Kamis (20/7/2017) malam.Sejak pukul 14.00 WIB paripurna diskors untuk dilakukan lobi-lobo agar mencapai kesepakatan dalam musyawarah mufakat. Namun, skorsing di parirpurna kembali ditunda hingga pukul 19.30 WIB.

Namun, hingga saat ini belum juga dimulai.Sementra kini, para anggota dewan sudah mulai masuk ke dalam ruang rapat paripurna. Pimpinan DPR juga sudah terlihat, namun mereka masih berdiri untuk berkumpul. Teriakan-teriakan mulai muncul dari fraksi Partai Gerindra yang berkumpul lalu berteriak dengan kompaknya.

Fraksi partai lain juga terlihat nelakukan hal demikian.Sementara Fraksi Demokrat terlihat keluar dari ruang rapat paripurna. Sekjen Demokrat, Didik Mukrianto mengatakan mereka berkumpul untuk konsolidasi internal di ruang fraksi.

"Ada konsolidasi internal di fraksi lantai 9,” terang Didik.

Molornya paripurna malam ini lantaran masih diadakan lobi antara pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi sebelum dimulainya rapat paripurna. Seperti diketahui, hingga kini, sebanyak enam fraksi yaitu PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem dan Hanura sudah sepakat terhadap opsi paket A.

Sedangkan Gerindra, PKS dan Demokrat berkukuh dengan opsi paket B. Sementara PAN memilih jalan tengah dengan opsi C. Adapun peta ketiga opsi yang mengerucut pada malam ini yaitu:

1. Paket A- Ambang batas presiden: 20/25 persen- Ambang batas parlemen: 4 persen- Sistem pemilu: terbuka- Besaran kursi: 3-10- Konversi suara: sainte lague murni

2. Paket B- Ambang batas presiden: 0 persen- Ambang batas parlemen: 4 persen- Sistem pemilu: terbuka- Besaran kursi: 3-10- Konversi suara: kuota hare

3. Paket C- Ambang batas presiden: 10/15 persen- Ambang batas parlemen: 4 persen- Sistem pemilu: terbuka- Besaran kursi: 3-10- Konversi suara: kuota hare. (sym)

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini