Pengamat Militer: Unhan Wujudkan Program Aksi ASEAN Politico-Security Community

Taufik Fajar, Okezone · Rabu 12 Juli 2017 22:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 12 337 1734939 pengamat-militer-unhan-wujudkan-program-aksi-asean-politico-security-community-lV861b8oOD.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Universitas Pertahanan (Unhan) mewujudkan salah satu program aksi ASEAN Politico-Security Community (APSC) melalui seminar internasional pada tanggal 12-13 Juli 2017 di kampus Bela Negara, Sentul, Jawa Barat.

Sebagaimana ASEAN Charter, maka di dalam blueprint APSC dimuat berbagai program aksi untuk mewujudkan APSC hingga tahun 2025. Berdasarkan agenda ASEAN Regional Forum Head of Defense Universities and Colleges and Institutions Meeting (ARF HUDCIM), maka Unhan untuk pertama kalinya menyelenggarakan Indonesia International Defense Science Seminar.

Pengamat militer, Nuning Kertopati mengatakan, Unhan menyelenggarakan seminar internasional itu sendiri sebagai bagian dari tahapan memperoleh akreditasi internasional guna tercapainya Unhan sebagai World Class Defense University pada tahun 2024.

"Ini bagian dari tahapan memperoleh akreditasi internasional guna tercapainya Unhan sebagai World Class Defense University pada tahun 2024," ujar Nuning dalam keterangan kepada wartawan, Rabu (12/7/2017).

Ia menambahkan, melalui seminar internasional, maka hubungan Unhan dengan beberapa universitas pertahanan dari negara lain dapat berjalan lebih erat lagi.

"Jadi kegiatan ini akan menjadi hubungan baik dengan universitas di negara lain," tuturnya.

Ia melanjutkan, bahwa kredibilitas akademis Unhan dapat semakin tinggi dengan diterimanya hasil-hasil seminar internasional oleh ASEAN General Secretariat sebagai kontribusi nyata KTT ASEAN berikutnya.

"Unhan sangat fokus untuk meningkatkan kohesivitas ke-10 negara anggota ASEAN melalui forum-forum ilmiah dan pertukaran pandangan antar dosen dan peneliti sesama universitas pertahanan di lingkungan ASEAN," tutupnya

Terlihat, Unhan juga mengundang beberapa universitas pertahanan dari Amerika, Eropa, Asia, Australia dan Afrika untuk hadir dalam seminar internasional.

Kehadiran universitas pertahanan negara-negara lain menambah kredibilitas Unhan sebagai leading sector sekaligus promotor disiplin ilmu pertahanan sebagaimana tema seminar internasional.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini