Tangkal Aksi Terorisme, PBNU: Pilih Organisasi Islam Terbuka, Jangan yang Tertutup

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 12 Juli 2017 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 12 337 1734801 tangkal-aksi-terorisme-pbnu-pilih-organisasi-islam-terbuka-jangan-yang-tertutup-QtzveRGZoP.jpg Robikin Emhas (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyerukan kepada masyarakat untuk tidak takut atau gentar sedikit pun dari aksi terorisme dan radikalisme di Indonesia.

Ketua Bidang Hukum PBNU Robikin Emhas menjelaskan, warga memang harus tetap mewaspadai aksi terorisme yang bisa terjadi di mana pun, kapanpun dan oleh siapa pun. Tetapi, kata dia, masyarakat harus percaya bahwa aparat mampu menangani hal tersebut.

"Tetapi satu yang kami yakini bahwa pemerintah kita sanggup atasi itu. Karena itu masyarakat tak boleh takut," kata Robikin dalam acara Dialog Polri, Sindotrijaya Network di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (12/7/2017).

Maraknya aksi terorisme belakangan ini, Robikin menuturkan karena ada perkembangan dari para pimpinan jihadis untuk melakukan serangan kepada simbol-simbol negara ini.

Oleh karenanya, Robikin mengimbau kepada masyarakat harus lebih pandai melihat suatu kelompok yang berlatar belakang agama. Bagi dia, sebaiknya warga bergabung pada kelompok agama yang terbuka, seperti PBNU, Muhammadiyah, dan atau ormas lainnya.

Sehingga, Robikin menegaskan harus waspada dan mampu kenali lingkungan sekitar dalam sehari-hari melakukan aktivitas sosialisasi.

"Jika ada yang gunakan cover wajah agama tapi tertutup harus waspada. Tapi jika terbuka seperti NU dan Muhammadiyah silakan. Karena kelompok tertutup harus waspada," papar dia.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini