nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain HTI, Pemerintah Akan Bubarkan Ormas Radikal Anti-Pancasila Lainnya

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 10 Juli 2017 15:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 10 337 1732741 selain-hti-pemerintah-akan-bubarkan-ormas-radikal-anti-pancasila-lainnya-DgFl8sBHyr.jpg Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Pemerintah Indonesia cukup serius dalam melakukan pengawasan terhadap organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang dianggap bertentangan dengan ideologi Pancasila Indonesia. Tak tanggung-tanggung, jika memang terbukti ormas tersebut akan dibubarkan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan, saat ini pemerintah tengah mendalami dan mengkaji ormas mana saja yang dianggap bertentangan.

"Tidak hanya satu ormas saja, tapi seluruh ormas yang nyata-nyata tidak sesuai dengan yang diharapkan dengan membentuk ormas yang baik dan punya peran mencapai cita-cita bangsa Indonesia pasti ada langkah-langkah tegas untuk kita bubarkan," papar Wiranto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017).

Dalam hal ini, pemerintah mengaku sangat paham bahwa ormas juga merupakan bagian dari proses demokrasi. Namun, pemerintah mengingatkan, harus tetap ada batas dan aturan main.

Sehingga, Wiranto menekankan tidak pernah melarang untuk mendirikan ormas dan bergabung dalam ormas. Tetapi, harus pada basis ideologi Pancasila.

"Kalau dilanggar kita punya suatu langkah yang cukup kuat dengan pelanggaran itu. Kalau melanggar seenaknya, punya idiologi, bendera, dan cita-cita sendiri di negeri ini, bagaimana," ujar Wiranto.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini