nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bernuansa Politik, Komnas HAM Minta Publik Tak Terprovokasi Kasus SMS Hary Tanoe

Reni Lestari, Jurnalis · Jum'at 16 Juni 2017 21:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 16 337 1718374 bernuansa-politik-komnas-ham-minta-publik-tak-terprovokasi-kasus-sms-hary-tanoe-J0RCUFKdjL.jpg Chairman dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution meminta publik tidak terprovokasi kasus SMS (pesan singkat) Chairman dan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo. Kasus tersebut, diduga Komnas HAM bernuansa politik, dan ia menilai pelaporan Jaksa Yulianto terhadap Hary Tanoe contoh perilaku aparatur negara yang tidak terukur.

"Publik agar tidak terprovokasi dengan situasi negara yang kecenderungannya semakin tidak terukur," kata Maneger kepada Okezone, Jumat (16/6/2017).

Selain itu, ia meminta masyarakat untuk bersama-sama mengawasi proses hukum kasus tersebut agar berjalan tanpa intervensi.

"Mari kita dukung dan awasi pihak kepolisian agar independen dan profesional serta tidak bisa diintervensi oleh siapa pun dalam menangani kasus tersebut," ujarnya.

Maneger melanjutkan, langkah Yulianto untuk menempuh jalur hukum dalam kasus ini memang sah-sah saja. Akan tetapi, ia mempertanyakan, apakah pelaporan itu murni perkara hukum atau terkait dengan politik.

"Pertama, saudara Yulianto harus jujur menjawab kepada Allah, kepada dirinya, kepada hukum, dan jujur kepada kemanusiaan, 'Apakah kasus ini murni kasus hukum atau berkelindan dengan politik?' Pertanyaan ini perlu ia renungkan dengan jujur. Sebagai pejabat publik, seharusnya ia tidak hanya 'merasa bisa', tapi juga 'bisa merasa'," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini