nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Telusuri Aliran Korupsi E-KTP, KPK Bakal Periksa Orangtua Miryam Haryani

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 14 Juni 2017 14:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 06 14 337 1715820 telusuri-aliran-korupsi-e-ktp-kpk-bakal-periksa-orangtua-miryam-haryani-QwnUF23nOv.jpg Miryam S Haryani (foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana melakukan pemeriksaan terhadap orangtua dari mantan anggota Komisi II DPR, Miryam S Haryani. Orangtua Miryam tersebut, bakal digali keterangannya terkait aliran dana korupsi proyek e-KTP.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, sejauh ini, penyidik sudah melakukan pemeriksaan terhadap 121 saksi untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong. Pihaknya pun akan terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi termasuk orangtua Miryam.

"Pemeriksaan akan terus berlanjut,‎ termasuk salah satu saksi yang akan kita periksa yaitu orangtua Miryam," kata Febri saat dikonfirmasi, Rabu (14/6/2017).

Diketahui,Miryam S Haryani telah ditetapkan tersangka pemberian keterangan tidak benar pada sidang perkara korupsi e-KTP. Diduga, ada pihak yang sengaja mengancam serta mengintimidasi Miryam untuk memberikan keterangan tidak benar pada persidangan tersebut.

Bukan hanya itu, KPK juga telah menetapkan Politikus Golkar, Markus Nari sebagai tersangka dalam upaya menghalang-halangi penyidikan serta proses penuntutan korupsi e-KTP. Dalam hal ini, Markus Nari diduga sebagai salah satu pihak yang mengancam Miryam.

Untuk mendalami keterangan tidak benar yang dilakukan Miryam S. Haryani saat persidangan, penyidik lembaga antirasuh pun mendalami peran Miryam dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Miryam sendiri merupakan salah satu orang yang diduga mengetahui aliran dana korupsi e-KTP.

"(Pemeriksaan orangtua‎ Miryam) untuk mendalami aliran dana pada Miryam pada saat itu," pungkasnya.

(wal)

Berita Terkait

Sidang Korupsi e-KTP

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini