nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nyaman dan Aman Mudik dengan Kapal Feri, Berikut yang Harus Dihindari

Reni Lestari, Jurnalis · Selasa 13 Juni 2017 12:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 13 337 1714628 nyaman-dan-aman-mudik-dengan-kapal-feri-berikut-yang-harus-dihindari-SaBos6TOGW.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua DPP Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan(Gapasdap) Khoiri Soetomo mengimbau pemudik yang menyeberang menggunakan kapal feri hendaknya tidak pergi saat puncak arus mudik. Sementara, puncak arus mudik diperkirakan terjadi H-3 Lebaran.

"Kami berharap meskipun kami sudah menyiapkan armada, Polri dan Kemenhub juga sudah mengantisipsi, para pemudik agar tidak terkumpul di satu hari saja, yaitu H-3 yang diperkirakan sebagai puncak arus mudik," kata Khoiri saat konferensi pers di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (13/6/2017).

Selanjutnya, untuk penyeberang yang menggunakan roda empat untuk tidak menumpuk di malam hari. Biasanya waktu padat kendaraan roda empat pada kapal feri mulai sesudah berbuka puasa hingga sebelum subuh. 

"Ini menjadikan terjadi penumpukan yang luar biasa, diharapkan ada distribusi yang lebih merata," ujar dia.

Penyeberang juga sangat tidak dianjurkan membawa kendaraan bermotor hasil modifikasi yang tidak sesuai standar keamanan. Ia mengatakan pernah terjadi kebakaran dalam kapal yang dipicu melelehnya tangki bensin berupa botol plastik pada vespa modifikasi. "Keselamatan pelayaran itu tanggung jawab kita bersama," tutur Khoiri.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini