nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wah, Jalur Mudik Ngawi-Kertosono Gunakan Lahan Sewaan

Reni Lestari, Jurnalis · Senin 12 Juni 2017 17:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 12 337 1714076 wah-jalur-mudik-ngawi-kertosono-gunakan-lahan-sewaan-FL64F72kPv.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA - Musim mudik Lebaran 2017 tinggal menghitung hari. Namun, pembangunan jalan tol Ngawi-Kertosono belum juga rampung. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rayat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan tol Ngawi-Kertosono terkendala pembebasan lahan. Untuk mengatasinya, Kementerian PUPR menyewa lahan warga untuk melanjutkan proyek pembangunan Trans Jawa itu.

"Kalau sewa lahan nantinya akan dibebaskan. Hanya saja sekarang masih dibicarakan," kata Basuki di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (12/6/2017).

Basuki melanjutkan, sejumlah bidang tanah masih menunggu keputusan pengadilan. Lagi pula nantinya tanah-tanah yang disewa akan menjadi milik pemerintah melalui pembebasan.

"Nantinya yang disewa akan dibebaskan untuk bisa masuk, kita sewa dulu. Itu hal-hal yang berdasarkan pengalaman di lapangan," ucapnya.

Sementara pembebasan lahan untuk jalan tol fungsional Solo-Ngawi-Purwokerto sudah mencapai 100%. Dia menuturkan, seluruh pekerja berkerja hingga 24 jam yang dibagi menjadi tiga waktu.

"Seluruh tol fungsional sudah siap dipakai H-10 Lebaran. Kami sudah siap," ujar Basuki.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini