nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri: Penangkapan Terduga Teroris di Banten & Medan Terkait Jaringan JAD

Dara Purnama, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 13:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 06 08 337 1710898 polri-penangkapan-terduga-teroris-di-banten-medan-terkait-jaringan-jad-BIztJFGExT.jpg Foto Ilustrasi

JAKARTA - Tim Densus 88 Anti Teror Polri menangkap delapan orang terduga teroris yang diduga tergabung dalam kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD), pimpinan Aman Abdurrahman yang kini mendekam di Lapas Nusakambangan, Cilacap Jawa Tengah.

Penangkapan pertama di wilayah Banten, ada lima orang terduga teroris yang dibekuk yakni SU, S (45), K (42), A (35), dan M (52).

"SU ditangkap di Cilegon. Sedangkan empat terduga teroris lainnya ditangkap di Serang," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (8/6/2017).

Selain di Banten, kata Martin, Densus 88 juga menangkap tiga orang terduga teroris di Medan, Sumatera Utara. Mereka berinsial R (37), J (41), dan A(46).

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menerangkan, Densus 88 masih mendalami lebih lanjut perihal keterlibatan delapan terduga teroris ini dalam kelompok JAD.

Menurutnya, penangkapan ini merupakan upaya pencegahan agar kelompok JAD tidak melakukan aksi terorisme lagi di Indonesia.

"Penangkapan ini merupakan upaya pencegahan. Sehingga tidak timbul lagi aksi bom bunuh diri dan timbul aksi teror lainnya. Dimana teror mereka menyerang kepolisian," kata Martin.

Nama kelompok JAD kerap disebut sebagai aktor aksi terorisme di Indonesia. Aksi terakhir yang disebut kepolisian dilakukan oleh kelompok ini adalah serangan teror bom bunuh diri di Terminal Kampung Melayu, 24 Mei 2017.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini