nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyoal Pengelola Keraton Solo, Wantimpres:Aset Budaya Nasional Perlu Diamankan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 08 Juni 2017 13:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 08 337 1710896 menyoal-pengelola-keraton-solo-wantimpres-aset-budaya-nasional-perlu-diamankan-WovIKq2U12.jpg Wantimpres Subagyo HS (foto: Okezone)

JAKARTA - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) menggelar rapat tertutup membahas masalah pembangunan Keraton Kasunanan Solo. Materi yang dibahas yakni terkait pembentukan badan pengelola Keraton tersebut.

"Yang dibicarakan adalah membuat badan pengelola Keraton Kasunanan Surakarta yang selama ini ada (tapi) kurang pas, siapa yang semestinya mengelola, kemarin-kemarin itu ada tetapi kurang tepat," kata Anggota Wantimpres Jenderal TNI (Purn) Subagyo HS dikantornya, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (8/6/2017).

Ia mengatakan, badan pengelola itu nantinya akan mengurusi segala hal yang terkait dengan ‎Keraton Solo. Ia berharap dengan adanya badan ini, bantuan dari pemerintah dapat tersalurkan dengan baik agar bermanfaat bagi Keraton Solo.

"Menindaklanjuti dalam pengelolaan agar proporsional dan profesional (maka) dibentuklah badan ini oleh pemerintah. Nah, (kalau) badan Solo sendiri ada, itu punyanya raja atau sunan. Ini dari pemerintah, supaya nanti bersinergi pengelolaannya," terangnya.

Subagyo menambahkan, hal yang akan diurus oleh Badan Pengelolaan Keraton yakni ‎meliputi cagar budaya yang ada di lingkup Keraton Kasunanan Solo.

"Keraton itu bagian dari cagar budaya nasional. Itu yang diamankan cagar budayanya, macam-macam kan itu ada borobudur, prambanan, dan lain sebagainya. Nah ini nanti akan menjadi cagar budaya nasional. Itu yang akan diamankan," tutup ‎Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) itu.

Sekadar diketahui, rapat tertutup ini dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, Menpar Arief Yahya, Unsur perwakilan Kemendikbud, unsur perwakilan Kementerian PU, serta unsur Pemda Jawa Tengah dan Wali Kota Solo, juga unsur Keraton.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini