nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Komisi III DPR: Masyarakat Harus Melawan Paham Radikalisme!

Bayu Septianto, Jurnalis · Senin 05 Juni 2017 13:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 06 05 337 1708276 komisi-iii-dpr-masyarakat-harus-melawan-paham-radikalisme-FUdeG0310h.jpg foto: Illustrasi Okezone
 

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR, Ahmada Sahroni, mengajak masyarakat untuk melawan paham radikalisme. Pasalnya, paham radikal bertentangan dengan nilai luhur Pancasila dan semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Munculnya paham itu merupakan upaya mengganggu keberagaman yang memang sudah ada di Indonesia," kata Sahroni saat silaturahmi dengan warga Kelurahan Kebon Bawang, Jakarta Utara, dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Senin (5/6/2017).

Ahmad Sahroni menyampaikan, perlunya kesadaran dari setiap komponen bangsa agar bersatu padu melawan setiap gerakan radikal tersebut.

"Keberagaman kita selaku bagian dari Bangsa Indonesia adalah kodrat yang tidak terbantahkan. Pancasila sebagai dasar Negara dan NKRI adalah harga mati," tegasnya.

Ia pun berharap, agar Pancasila kembali masuk ke dalam kurikulum pendidikan di sekolah. Ide dan gagasan ini dianggap relevan terkait isu kebangsaan yang akhir-akhir ini marak di media massa dan media sosial.

"Tidak semua yang hal yang berbau Orba itu jelek, kurikulum pendidikan tentang Pancasila (PMP) ini salah satunya," kata Sahroni.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mendesak agar ormas atau kelompok tertentu menghentikan aksi persekusi.

"Indonesia ini negara hukum dan memiliki perangkat yang bekerja untuk menindaklanjuti tindakan-tindakan yang bertentangan dengan norma dan hukum yang berlaku," tuturnya.

Selain itu, ia meminta kepada warga Kebon Bawang agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu SARA yang bertebaran di media sosial tersebut.

Menurutnya, agama jangan dibenturkan dengan kepentingan-kepentingan politik yang ada, utamanya pasca-Pilkada DKI Jakarta beberapa waktu yang lalu.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini