Share

TOP FILES: Wah! Ternyata Begini Awal Mula Terbentuknya Pulau Jawa

Randy Wirayudha, Okezone · Selasa 30 Mei 2017 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 29 337 1702536 top-files-wah-ternyata-begini-awal-mula-terbentuknya-pulau-jawa-m6wYjpaVqC.png Pulau Jawa (Foto: Wikipedia)

PULAU Jawa selama ini dikenal sebagai pulau terluas kelima di Indonesia. Pulau yang menampung sekira 60% warga Indonesia ini juga jadi pulau terbesar ke-13 di dunia.

(Baca: TOP FILES: Alkisah Sejarah Pulau Jawa yang Sarat Misteri)

Masyarakat yang menghuninya beragam dan sisi barat serta timurnya dibatasi dua selat, yakni Selat Sunda dan Selat Bali. Dua selat yang memisahkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali (serta Selat Madura yang memisahkan dengan Pulau Madura).

Banyak ahli yang meyakini bahwa sedianya Pulau Jawa dulu itu tidak menyatu. Justru bagian barat Pulau Jawa menyatunya dengan Pulau Sumatera sebagai bagian Paparan Sunda dan bagian timurnya menyatu dengan daratan Australia.

Dari berbagai sumber, disebutkan bahwa Pulau Jawa diperkirakan terbentuk pada 60 juta tahun lampau, atau saat periode di bumi tengah memasuki Zaman Pre-Tersier. Daratan Pulau Jawa bagian barat terbentuk lebih dulu di Zaman Kapur (sekira 145-65 juta tahun lalu) dan bagian timurnya dari pecahan Benua Australia.

Dua bagian itu saling menabrak dan bergabung jadi satu pulau sekira 100-70 tahun lalu. Pembentukannya juga tak lepas dari aktivitas vulkanik, hingga menimbulkan kontur pulau dengan banyak gunung berapi yang membentang dari timur ke barat.

Bicara terlepasnya Pulau Jawa dengan Sumatera, banyak ahli yang punya pendapatnya tersendiri. Pun begitu hampir semuanya “sepakat”, bahwa Sumatera dan Jawa terpisah akibat letusan gunung berapi yang mahadahsyat.

Pujangga Ronggowarsito dalam 'Pustaka Raja Purwa', menyebutkan Jawa dan Sumatera terpisah akibat letusan Gunung Kapi (teridentifikasi sebagai Gunung Krakatau) pada tahun 416 Masehi.

Adapun Ken Wohletz, peneliti Los Alamos National Laboratory, menyebutkan letusan gunung yang sama tapi terjadinya ribuan tahun lampau yang menyebabkan Jawa dan Sumatera terpisah.

Pendapat Wohletz juga diamini Zeilinga de Boer dan Donald Sanders dalam ‘Volcanoes in Human History’. Letusan Gunung Krakatau ribuan tahun lalu itu (kemudian meletus lagi dengan dahsyatnya pada 1883), menyebabkan pemisahan secara tektonik, di mana Pulau Sumatera terlepas bergerak ke timur laut dan Pulau Jawa timur.

Sama halnya soal pemisahan Pulau Jawa dengan Bali. Terlepas dari beragama cerita rakyat, penjelasan ilmiah tentang terpisahnya daratan Jawa dan Bali juga karnea letusan gunung berapi.

Penulis Raffles, Hageman dan R van Eck pernah menyatakan bahwa dulunya Bali dan Jawa itu masih satu daratan. Tapi karena letusan gunung berapi dan gempa besra, kedua daratan terputus di Abad ke-13.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini