Share

TOP NEWS (3): Ternyata, DPR Sudah Lama Curigai Pemberian Opini Laporan Keuangan oleh BPK

Bayu Septianto, Okezone · Minggu 28 Mei 2017 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 28 337 1701738 top-news-3-ternyata-dpr-sudah-lama-curigai-pemberian-opini-laporan-keuangan-oleh-bpk-9ebLDaokNQ.jpg KPK menunjukkan barang bukti (Foto: Antara)

JAKARTA – Praktik pemberian suap predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan suatu lembaga negara atau institusi pemerintahan yang dilakukan oknum di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), ternyata sudah lama dicurigai anggota DPR. Hal ini disampaikan anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno.

"Teman-teman di DPR selalu menanyakan hal tersebut, apalagi orang yang berasal dari daerah pemilihan yang betul memahami status-status opini tersebut," ucap Hendrawan saat dihubungi, Minggu (28/5/2017).

Menurut Hendrawan selama ini Komisi XI selalu menanyakan standar ukuran BPK dalam menyatakan suatu laporan keuangan. Pasalnya, sejumlah lembaga atau institusi pemerintah banyak yang terindikasi melakukan perbuatan korupsi.

"Memang selama ini kalau setiap kali Komisi XI rapat kerja dengan BPK salah satu yang ditanyakan adalah parameter untuk menyatakan satu laporan itu wajar tanpa pengecualian, wajar dengan pengecualian. Nah karena apa, ternyata daerah-daerah atau kementerian dan lembaga dapat wajar tanpa pengecualian itu memiliki indikasi sangat koruptif," ujar Hendrawan.

Baca berita selengkapnya di sini.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengawas KKP Lakukan Upacara Bawah Laut

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini