Catat! Presidential Threshold 0% Bisa Munculkan Calon-Calon Presiden yang Bervariatif

Tim Okezone, Okezone · Minggu 28 Mei 2017 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 28 337 1701690 catat-presidential-threshold-0-bisa-munculkan-calon-calon-presiden-yang-bervariatif-iXP8GtNE7T.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Gerindra Mohammad Nizar Zahro menilai bahwa ambang batas pencalonan presiden dan wakil presiden atau presidential threshold 0% bisa memunculkan calon-calon yang variatif.

"Kan kalau pilihan presiden dan wakil presidennya banyak, masyarakat tidak jemu. Senang mereka, ada presiden baru setiap lima tahun sekali," kata dia baru-baru ini.

Politisi yang juga bagian dari Pansus RUU Pemilu itu menjelaskan, hasil dengar pendapat dengan para pakar hukum tata negara memastikan tafsir terbaik adalah meniadakan ambang batas pencalonan presiden. Selain karena masalah waktu pemilihan legislatif dan eksekutif yang bersamaan, juga ada pertimbangan unsur toleransi.

Putusan MK Nomor 14/PUU-XI/2013 menyatakan pada Pemilu 2019, pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden dan wakil presiden (pilpres) dilaksanakan serentak. Dengan demikian ambang batas pencalonan presiden secara otomatis hilang atau 0%.

Konstelasi politik di parlemen menunjukkan bahwa mayoritas fraksi menghendaki tidak adanya ambang batas pengajuan calon presiden pada Pemilu 2019 mendatang. Enam fraksi di DPR mendukung presidential threshold 0%, 1 fraksi yakni PKB meminta opsi 5%, sementara hanya tiga fraksi yang menolak dan berkukuh presidential threshold tetap 20%. Tiga fraksi itu PDIP, Nasdem dan Golkar.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini