Share

Wah... Tersangka Irjen Sugito Punya Jabatan Ketua Unit Pemberantasan Pungli di Kemendes

Ferio Pristiawan Ekananda, Okezone · Sabtu 27 Mei 2017 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 27 337 1701412 wah-tersangka-irjen-sugito-punya-jabatan-ketua-unit-pemberantasan-pungli-di-kemendes-XLxhVKKEpH.jpg KPK saat memberi pernyataan soal OTT kasus suap BPK (Foto: Antara)

JAKARTA - Irjen Kemendes PDTT Sugito yang ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pemberian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Kemendes tahun anggaran 2016 rupanya adalah Ketua Saber Pungli di Kementerian Desa PDTT.

"Pak Irjen Kemendes (Sugito) orang yang berintegritas tinggi dan menjabat Ketua Unit Pemberantasan Pungutan Liar di Kemendes," ujarnya di kantor Kemendes, Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (27/5/2017).

Menurut Eko, selama ini Sugito merupakan pegawai yang aktif ikut serta dalam program bersih-bersih dari korupsi di Kemendes. Bahkan ide pembentukan Satuan petugas (Satgas) Saber Pungli dan reformasi birokrasi di Kementerian Desa PDTT. Eko pun mengaku terkejut atas kejadian yang menimpa Sugito

"Saya menghargai sosok pak Irjen karena dia juga menjabat sebagai ketua saber pungli saya tadinya pada hati kecil saya tidak percaya pak Irjen tersangkut kasus korupsi ini," tuturnya.

Sebelumnya, operasi tangkap tangan dilakukan pada Jumat, 26 Mei 2017, malam. KPK menangkap tujuh orang, termasuk pejabat BPK. OTT tersebut terkait pemberian suap agar Kemendes mendapatkan predikat WTP.

WTP diketahui merupakan opini yang dikeluarkan auditor terhadap sebuah laporan keuangan lembaga negara. Sesuai amanat konstitusi dan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003, audit atas laporan keuangan lembaga negara dilakukan BPK.

OTT KPK ini tidak hanya melibatkan pejabat Kemendes melainkan juga pejabat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini