Share

Hari Jadi BIN ke-71, Refleksi Peran Intelijen dalam Keutuhan NKRI

Tim Okezone, Okezone · Rabu 24 Mei 2017 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 24 337 1699197 hari-jadi-bin-ke-71-refleksi-peran-intelijen-dalam-keutuhan-nkri-Gfbl0oMKzC.jpg

JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) memperingati hari jadi ke-71dengan seremoni kenegaaraan yang bertajuk “Dharma bhakti pengabdian dan jiwa ragaku untuk setia, loyal, solid, dan semangat guna mewujudkan BIN yang semakin profesional, obyektif, dan berintegritas”, Rabu (24/5/2017).

Kepala BIN, Budi Gunawan menuturkan bahwa perayaan tersebut dimaknai sebagai suatu momentum untuk melihat kembali sejarah masa lalu dalam pengabdian BIN kepada bangsa dan negara. Peringatan tersebut juga dimaknai untuk melakukan refleksi dan evaluasi perjalanan BIN, serta mempersiapkan diri dengan proyeksi ke depan dalam rangka peningkatan peran dan kemampuan BIN.

"Peran dan fungsi intelijen saat ini dan ke depan akan dihadapkan pada tantangan yang semakin berat dan kompleks baik secara global, regional, dan nasional yang berjalan sangat cepat sehingga harus terus menerus dicermati dan diantisipasi oleh segenap jajaran intelijen Negara," terang Budi Gunawan dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Kamis (24/5/2017).

Performa BIN, jelas Budi Gunawan akan terus ditingkatkan untuk menghadapi dinamika situasi global dan regional, seperti ancaman terorisme, radikalisme, fundamentalisme, proxy war dan cyber war. Kemudian, BIN juga berperan dalam menghadapi persaingan dalam penguasaan sumber energi dan pangan secara langsung maupun tidak langsung.

"Oleh karenanya, BIN berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan penguatan baik dari sisi kelembagaan organisasi, kemampuan SDM maupun modernisasi peralatan teknologi intelijen," papar Budi Gunawan.

Disamping itu, lanjut Budi Gunawan, BIN juga bertekad untuk terus memberikan dharma bhakti pengabdian tanpa batas dengan segenap jiwa raga untuk setia, loyal, solid, dan semangat guna mewujudkan BIN yang semakin profesional, obyektif, dan berintegritas dalam rangka menjaga keselamatan, keutuhan dan kedaulatan NKRI.

"Dirgahayu Badan Intelijen Negara! Jayalah Badan Intelijen Negara! Jayalah Negara Kesatuan Republik Indonesia!," tegas Budi Gunawan.

Baca Juga: Dukung Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Morowali Hibahkan Tanah ke KKP

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini