Mau Tahu Makanan Favorit Jokowi? Simak "Cerita dari Balik Dapur Presiden"

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Minggu 21 Mei 2017 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 21 337 1696473 mau-tahu-makanan-favorit-jokowi-simak-cerita-dari-balik-dapur-presiden-ritDQspu19.jpg

JAKARTA - Kesederhaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap tampak dalam menjalankan aktivitasnya. Baik ketika menjamu tamu negara, tokoh-tokoh nasional, maupun rakyatnya yang sekali waktu diundang ke Istana Negara. Hal tersebut, pun tersaji dari balik dapur yang melayani makanan yang disantap orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Adalah Tri Supriharjo seorang koki asal Palur, Ngringo, Karanganyar, Solo, yang setiap harinya menyajikan makanan bagi Jokowi.

"Saya mulai ikut Bapak Jokowi, waktu itu tahun 2013 sampai sekarang. Kurang lebih empat tahun berjalan ini," ujar Tri dalam video bertajuk "Cerita dari Dapur Presiden" yang diunggah di Youtube, Minggu (21/5/2017).

Dalam video berdurasi 3 menit 22 detik itu, ia menceritakan berbagai menu yang menjadi favorit sang Presiden. "Jadi., masakan tuh masakan rumahan, seperti sop ayam, sayur bening bayam itu. Kalau tumis, tumis pepaya muda," terangnya.

"Mi ketoprak, kalau di sini seperti soto mi, tapi lain, taste-nya lain. Terus soto kuning sekarang kan di Bogor, hampir setiap hari soto kuning," sambung Tri.

Tempe dan tahu pun tak lupa disajikan menemani menu utama. "Nasi enggak di meja bapak itu, di konter sendiri jalan kaki, ngambil, yang penting panas," ujarnya.

Soal camilan yang menjadi kegemaran Jokowi adalah singkong goreng, jagung rebus, lento, makanan dari ketela yang diparut dan diberi kelapa lalu digoreng.

"Sama bakwan jagung atau bakwan sayur. Jusnya di sini saya ganti setiap hari. Kalau pagi melon, sore nanti apel. Saat ini jus kedondong, baru bapak ini," imbuhnya.

Dan jamu, adalah pelengkap dari semua menu yang diminumnya setiap pagi. Terdiri dari temulawak, jahe, dan kunyit.

"Nah, tempatnya itu besar, temulawak 8 potong, kunyit 6, terus jahenya 3. Mugnya jamu yang blirik-blirik hijau itu yang besar, kalau sekarang jarang orang pakai," kata Tri.

"Saya melayani bapak enggak pernah di-komplain apalagi dimarahi. Tapi alhamdulilah saya bisa melayani bapak dengan baik," pungkasnya.(Aky)

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini