Share

Surat Edaran Pegawai BIN Dilarang Berjenggot dan Bercelana Cingkrang Hoax!

Reni Lestari, Okezone · Jum'at 19 Mei 2017 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 19 337 1694848 surat-edaran-pegawai-bin-dilarang-berjenggot-dan-bercelana-cingkrang-hoax-jUwImUU2ih.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menyatakan tidak pernah mengeluarkan surat edaran yang berisi larangan berjenggot dan bercelana cingkrang. Surat tersebut diketahui tersebar luas melalui media sosial, tertanggal 15 Mei 2017.

"Surat Edaran tertanggal 15 Mei 2017 dengan Kop Surat BIN yang saya tanda tangani berisikan larangan staf BIN berjenggot dan bercelana cingkrang adalah tidak benar (hoax)," demikian keterangan tertulis BIN yang diterima Okezone, Jumat (19/5/2017).

Adapun surat edaran yang benar telah diterbitkan sebelumnya di internal BIN berisi imbauan penggunaan pakaian dinas dan untuk menaati peraturan yang ada dalam berpenampilan demi terwujudnya BIN yang profesional, obyektif, dan berintegritas.

Surat tersebut pun tertanggal 15 Mei 2017 dan ditandatangani oleh Sekretaris Utama (Sestama) BIN Zaelani. "Kami harapkan klarifikasi ini dapat memperjelas keadaan yang sebenarnya," tutup dia.

Sebelumnya, surat edaran di kalangan internal BIN tersebar di media sosial. Isi edaran tersebut menegaskan larangan pegawai BIN memelihara jenggot dan rambut panjang, serta memakai celana cingkrang (di atas mata kaki).

Berikut adalah tiga poin isi surat edaran yang beberapa waktu lalu tersebar luas di media sosial.

1. Dasar:

a. Mengindahkan perintah pimpinan Badan Intelijen Negara.

b.Guna keseragaman cara berpakaian dan berpenampilan sebagai pegawai Badan Intelijen Negara.

2. Sehubungan dasar tersebut, diberitahukan kepada seluruh pegawai BIN khususnya yang setiap hari berdinas di kantor Pejaten agar tidak memelihara jenggot dan rambut panjang sertai memakai celana cingkrang (celana di atas mata kaki).

3.Terkait hal tersebut di atas, dimohon kepada Kepala Unit Kerja untuk menindaklanjuti surat edaran ini.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini