Menpan-RB Kaji Pembubaran 8 Lembaga Nonstruktural

Reni Lestari, Okezone · Rabu 17 Mei 2017 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 17 337 1693065 menpan-rb-kaji-pembubaran-8-lembaga-nonstruktural-8Opa7FqEvE.jpg Menpan RB Asman Abnur (Foto: Reni Lestari)

JAKARTA - Menteri Pendayadagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarsi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, tengah mengkaji pembubaran delapan lembaga nonstruktural (LNS) di bawah kementerian dan lembaga negara.

Hal ini menjadi salah satu laporan Asman Abnur kepada Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) pada pertemuan yang digelar di Kantor Menko Polhukam, Jakarta.

"Sekarang sedang mengkaji ada delapan LNS yang bisa kita evaluasi, apakah nanti ada penggabungan atau nanti dibubarkan," kata Asman di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Namun, Asman belum bisa merinci nama-nama LNS yang tengah dievaluasi tersebut karena masih dalam proses kajian. "Ada delapan LNS, nanti saatnya saya akan beritahu delapan LNS itu," ujar dia.

Sebelumnya, akhir tahun lalu Asman telah membubarkan sebanyak sembilan LNS yang disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui keputusan presiden (Keppres). Sejumlah LNS ini dibubarkan karena tumpang tindih fungsi dan dianggap menghambat efisiensi birokrasi.

Sembilan LNS yang telah dibubarkan tersebut yakni Badan Benih Nasional, Badan Pengendalian Bimbingan Massal, Dewan Pemantapan Pertahanan Ekonomi dan Keuangan, Komite Pengarah Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus di Pulau Batam, Pulau Bintan dan Pulau Karimun.

Kemudian, Tim Nasional Pembakuan Nama Rupa Bumi, Dewan Kelautan Indonesia, Dewan Nasional Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas, Badan Koordinasi Penataan Ruang Nasional, dan Komisi Nasional Pengendalian Zoonosis.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini