Ini Curhatan Abu Bakar Ba'asyir ke Fadli Zon

Bayu Septianto, Okezone · Rabu 10 Mei 2017 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 10 337 1688305 ini-curhatan-abu-bakar-ba-asyir-ke-fadli-zon-JCETrqXjs2.jpg Fadli Zon di Lapas Gunung Sindur (Foto: Bayu/Okezone)

JAKARTA - Berkunjung ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berkesempatan menemui terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'asyir yang telah menjadi penghuni Lapas Gunung Sindur sejak April 2016, dimana sebelumnya ia mendekam di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.

Fadli mengaku senang bisa bertemu dengan Abu Bakar Ba'asyir. "Sempat juga menyampaikan aspirasi yang selama ini kami dengar ia sakit, tapi beliau keadaannya baik-baik saja dalam keadaan sehat," ujar Fadli di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/5/2017).

Menurut Fadli, Ba'asyir memang mengeluhkan kurangnya fasilitas kesehatan yang ada di Lapas Gunung Sindur. Sebagai tahanan khusus, Ba'asyir tak bisa begitu saja dibawa ke Rumah sakit Pengayoman bila mengeluhkan sakit seperti sakit gigi dan masalah kesehatan lainnya.

"Karena memang sebagai tahanan khusus tidak bisa dibawa ke rumah sakit sehingga mengandalkan dokter maupun perawat yang datang dari rumah sakit pengayoman, itu yang salah satu dikeluhkan," tutur Fadli.

Fadli juga mendapatkan keluhan ustadz asal Solo, Jawa Tengah itu terkait sulitnya berkomunikaai ataupun bersentuhan langsung demgan anggota keluarga. Kecuali saat perayaan hari besar, Fadli mengumgkapkan komunikasi yang dibolehkan pihak lapas terhadap Abu Bakar Ba'asyir hanya sebatas di dalam ruang kaca.

"Jadi permintaannya, ada kebijakan agar kalau ada kunjungan dari Solo bisa bertemu, ada kontaklah. Selama ini hanya berkomunikasi melalui kaca, aspirasi ini nanti kami juga sampaikan," ungkap Fadli.

Sebelumnya kunjungan Fadli Zon ke Lapas Gunung Sindur ini dalam rangka pengawasan yang dilakukan DPR RI terkait ingin mengetahui kondisi Lapas yang memiliki pengamanan ekstra ketat ini.

"Ini bagian satu kegiatan DPR dalam kunjungan lapangan. Supaya kita bisa melihat keadaan sesungguhnya seperti apa Lapas Gunung Sindur supaya tidak ada informasi yang simpang siur," pungkas Fadli.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini