nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Ciri Berita Hoax, Seperti Ini Lho

Silviana Dharma, Okezone · Selasa 02 Mei 2017 06:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 05 02 337 1680830 7-ciri-berita-hoax-seperti-ini-lho-jDC62gOHeD.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat yang juga pernah menjabat anggota Dewan Pers selama dua periode, Wina Armada Sukardi menyatakan, ada tujuh ciri-ciri berita hoax yang perlu dicermati masyarakat.

Ciri pertama berita hoax, kata Wina, umumnya mewartakan secara sensasional. Dalam arti, artikelnya menggugah perasaan dan emosi orang secara berlebihan.

Kedua, muatannya provokatif. "Biasa dengan memakai kata-kata 'Sebarkan!' atau 'Lawan!'," ujar Wina Senin 1 Mei 2017.

Wina mengurai, ciri ketiga terletak pada aspek keaktualannya. Menurut dia, berita hoax itu suka-suka. Berita lama pun bisa dia naikkan lagi, ditulis ulang seolah peristiwanya baru terjadi. Sementara keempat, sumber berita yang dimuat tidak jelas.

"Kelima, mengandung unsur diskriminatif. Tujuannya untuk memojokkan pihak lain, di satu sisi mengagung-agungkan pihak yang satunya," ujar pengajar Hukum Komunikasi di Universitas Tarumanagara tersebut.

Ia melanjutkan, ciri keenam berita hoax terlihat dari gaya penulisannya yang diselipkan tanda-tanda. Misal, ada huruf besar dan kecil tidak pada tempatnya di judul.

Ketujuh, Wina percaya bahwa berita hoax sudah melalui proses pengeditan. Dalam arti, ada informasi yang sudah dipotong maupun ditambahkan tanpa seperlunya. Untuk itu, dia berharap masyarakat waspada dengan banjirnya informasi di media sosial. Ia percaya, mensosialisasikan hoax ke generasi muda bisa memberikan perbaikan lebih bagi bangsa dan negara.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini