Share

Komandan Paspampres: Tidak Benar Anggota Kami Lakukan Perampasan di Hong Kong

Tim Okezone, Okezone · Senin 01 Mei 2017 13:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 01 337 1680415 komandan-paspampres-tidak-benar-anggota-kami-lakukan-perampasan-di-hong-kong-8yJoaeTEWG.jpg

JAKARTA - Beredar informasi yang menyebutkan telah terjadi perampasan dokumen dan perlakuan kasar oleh anggota Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) pada saat acara 'Temu Kangen Presiden RI dan Ibu Negara' yang digelar di Asia World Expo Ground, Minggu 30 April 2017.

Komandan Paspampres Brigjen TNI (Mar) Suhartono lewat keterangan tertulis yang disampaikan oleh Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, kejadian itu tidaklah benar.

Suhartono menyampaikan bahwa Paspampres telah melakukan tugasnya dengan benar dan sesuai dengan prosedur pengamanan VVIP. "Tidak benar anggota kami merampas dan membentak warga Indonesia yang akan menyerahkan surat atau dokumen tersebut," ucapnya di lobi Government House Hong Kong, Senin (1/12/2017).

Suhartono mengatakan berbagai bentuk barang untuk Presiden harus dipastikan dahulu keamanannnya oleh Paspampres. "Prosedurnya adalah dilaksanakan terlebih dahulu pemeriksaan terhadap berbagai bentuk barang pemberian untuk Presiden dan setelah diyakini aman, maka barang-barang tersebut diberikan pada Presiden melalui Ajudan Presiden," ucapnya.

Demikian pula halnya semua dokumen baik berupa buku, surat, dan juga karangan bunga yang diserahkan pada acara 'Temu Kangen Presiden RI dan Ibu Negara' yang digelar kemarin. Semua pemberian telah dilakukan pemeriksaan sesuai prosedur yang berlaku.

"Barang-barang tersebut diterima oleh anggota Paspampres yang berada di tempat acara, kemudian dilakukan pemeriksaan. Setelah dipastikan keamanannya, baru diberikan kepada Presiden melalui Ajudan Presiden," ucap Suhartono.

Saat ini berbagai macam surat, buku dan karangan bunga dan berbagai bentuk pemberian yang diberikan kepada Presiden dari acara kemarin telah berada di tangan Presiden. Siang ini anggota Paspampres menerima dokumen di lobi hotel tempat Presiden menginap.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini