May Day, KSPI Terjunkan 80 Ribu Massa ke Istana Negara

Reni Lestari, Okezone · Minggu 30 April 2017 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 30 337 1679878 may-day-kspi-terjunkan-80-ribu-massa-ke-istana-negara-a7OZENTsS9.jpg Ilustrasi (Dok.Okezone)

JAKARTA - Peringatan hari buruh sedunia atau dikenal dengan may day, yang jatuh pada esok hari akan kembali diisi dengan aksi unjuk rasa. Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSPI) Muhamad Rusdi mengatakan, pihaknya memperkirakan akan ada 80 ribu massa aksi yang akan mengikuti unjuk rasa peringatan ini.

"(Jumlah massa aksi diperkirakan) 80 sampai 100 ribu dari Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Serang, Cilegon," kata Rusdi kepada Okezone, Minggu (30/4/2017).

Titik kumpulnya di Bundaran Patung Kuda dan akan dipusatkan di depan Istana Negara di Jalan Medan Merdeka Utara.

"KSPI dan beberapa elemen buruh akan aksi ke Istana, titik kumpulnya dari Patung Kuda menuju Istana Negara," lanjut dia.

Bersamaan dengan unjuk rasa di Jakara ini, serikat buruh di daerah-daerah juga akan menggelar aksi yang sama di kantor-kantor pemerintahann setempat.

"Di luar Jabodetabek, teman-teman di daerah, Jawa Timur, Jawa Tengah, Aceh akan aksi ke kantor gubernur masing-masing," ucap dia.

Sementara itu, mengenai tuntutan unjuk rasa, ada tiga poin utama yang hendak diangkat. Pertama, hapuskan outsourcing dan pemagangan, kedua, revisi program jaminan kesehatan yang diinisiasi BPJS Kesehatan, dan ketiga, tolak upah murah.

Rusdi pun menyatakan sudah melayangkan pemberitahuan aksi kepada Polda Metro Jaya dan bertatap muka dengan perwakilan pihak pengamanan.

"Sudah, kita sudah melayangkan seminggu lalu dan hari Jumat (28 April 2017) kemarin kita sudah bertemu dengan perwakilan dari Polda Metro," pungkas Rusdi.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini