Berkas Kasus Suap Sudah P21, Aseng Akan Segera Disidangkan

Arie Dwi Satrio, Okezone · Jum'at 28 April 2017 21:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 28 337 1679142 berkas-kasus-suap-sudah-p21-aseng-akan-segera-disidangkan-63dgMB7007.jpg Ilustrasi (Dok.Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan berkas perkara tersangka kasus suap proyek jalan di Kementeriaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun anggaran 2016, Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa, So Kok Seng alias Aseng, telah lengkap atau P21. Dengan begitu, Aseng akan segera menjalani persidangan.

"Penyidik melakukan pelimpahan tahap dua," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (28/4/2017).

Dalam kasus ini, Aseng merupakan tersangka baru dalam kasus dugaan suap proyek jalan KemenPUPR tahun 2016. Aseng diduga telah memberikan sejumlah uang ke penyelenggara negara demi mendapatkan pekerjaan dari proyek yang dianggarkan melalui dana aspirasi DPR.

Sebelumnya, KPK juga telah menetapkan tujuh orang tersangka dalam kasus dugaan suap proyek pembangunan jalan di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini. Tiga di antaranya adalah Anggota Komisi V DPR.

Mereka yakni Damayanti Wisnu Putranti dari Fraksi PDIP, Budi Supriyanto dari Fraksi Golkar, dan Andi Taufan Tiro dari Fraksi PAN. Ketiganya diduga menerima fee hingga miliaran rupiah dari Direktur PT Windhu Tunggal Utama, Abdul Khoir.

Sementara, tersangka lainnya yakni Kepala BPJN IX Maluku dan Maluku Utara, Amran HI Mustary, Abdul Khoir, serta dua rekan Damayanti, Dessy A Edwin dan Julia Prasetyarini.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini