Isu Reshuffle, Formappi: Jaksa Agung Perlu Dievaluasi

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 27 April 2017 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 27 337 1678007 isu-reshuffle-formappi-jaksa-agung-perlu-dievaluasi-kYlwT4NQ38.jpg Lucius Karus saat diskusi isu politik aktual nasional (Foto: Puteranegara/Okezone)

JAKARTA - Isu pengocokan ulang atau reshuffle kursi menteri kabinet kerja pemerintahan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kembali mencuat. Pasalnya, Jokowi menilai kinerja pembantunya itu masih belum seperti yang diharapkan.

Melihat hal itu, Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus, menekankan selain para menteri, Jokowi seharusnya juga mengevaluasi kinerja Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo.

"Saya kira itu termasuk (Jaksa Agung) salah satu yang perlu dievaluasi," ujar Lucius di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (27/4/2017).

Evaluasi itu, dikatakan Lucius, sangat perlu mengingat jabatan Jaksa Agung sebagai salah satu penegak hukum di Indonesia adalah posisi yang penting atau sentral. Sehingga, memang harus diduduki oleh personal yang baik dan berintergritas.

Tak hanya itu, Lucius menyatakan posisi Jaksa Agung adalah tumpuan pemerintahan dalam menegakkan hukum yang berlaku saat ini. Oleh sebab itu, munculnya wacana reshuffle kabinet ini, lanjut Lucius, harus dijadikan ajang evaluasi besar-besaran bagi Jaksa Agung.

"Saya kira sebelum rekomendasi reshuffle orang ini. Saya kira Presiden Jokowi harus evaluasi. Karena ini tumpuan dan betul-betul harus bisa diandalkan untuk Jokowi," tutup Lucius.

(ulu)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini