Anggota DPR: Jaksa Agung Harusnya Diganti dari Dulu

Bayu Septianto, Okezone · Kamis 27 April 2017 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 27 337 1677835 anggota-komisi-iii-dpr-jaksa-agung-harusnya-diganti-dari-dulu-SvAXDgo6wr.jpg Jaksa Agung HM Prasetyo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Muhammad Syafii mengatakan, Jaksa Agung HM Prasetyo seharusnya sudah diganti sejak lama lantaran penegakan hukum oleh Kejaksaan di bawah kepemimpinan Prasetyo tak becus.

Terbaru, saat jaksa penuntut umum (JPU) pada persidangan dugaan penistaan agama menuntut terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hanya 1 tahun penjara dengan masa percobaan 2 tahun.

"Iya Prasetyonya harus diganti, dari dulu saya bilang penegakan hukum di negara ini tidak becus kalau Jaksa Agungnya Prasetyo gitu loh," ucap Syafii di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (27/4/2017).

Politikus Partai Gerindra itu mempertanyakan independensi keadilan dan penegakan hukum yang dimiliki Prasetyo lantaran bukan berasal dari kalangan profesional melainkan dari partai politik.

Seperti diketahui, Prasetyo merupakan kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem), di mana partai yang dipimpin Surya Paloh itu turut mengusung Ahok bersama Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI Jakarta.

"Bagaimana mungkin independensi keadilan dalam hukum tegak kalau Jaksanya merupakan kader partai, itu bullshit," tegas Syafii.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini