Share

Belajar dari Tahun Lalu, Asops Kapolri Minta Pengamanan Mudik 2017 Lebih Baik

Dara Purnama, Okezone · Kamis 27 April 2017 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 27 337 1677307 belajar-dari-tahun-lalu-asops-kapolri-minta-pengamanan-mudik-2017-lebih-baik-44omQFgG7g.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Unggung Cahyono mengingatkan jajaran Polda Jateng agar pengamanan arus mudik lebaran 2017  lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Sebab ada penambahan sejumlah personel dari Stukpa dan Brimob Mabes Polri, Polda Jawa Barat (Jabar) dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jalur mudik di Pantura (Pantai Utara) ini, kata Unggung menjadi prioritas utama kepolisian untuk mengamankan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

"Kita akan koordinasikan dengan Polda-polda terdekat untuk membantu mem-backup wilayah Pantura yang memang sudah menjadi rutinitas tahunan mudik lebaran di kawasan ini lebih padat dari wilayah lain", ujar Unggung melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone, Rabu 26 April 2017 malam.

Unggung ditemani Kepala Korpas Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa melakukan pemeriksaan persiapan arus mudik lebaran oleh personel Polres dan Polda Jateng. Turut hadir dalam pemeriksaan itu  Kepala Korpas Sabhara (Kakorsabhara) Irjen Umar Septiono. Peristiwa dibukanya jalur Tol Pejagan-Pemalang yang belum rampung 100% ini mengingatkan Unggung pada pengamanan jalur Palimanan-Brebes tahun 2015 silam.

Oleh karenanya, Unggung menegaskan pengamanan kali ini di jalur Brebes-Pemalang diharapkan lebih baik lagi. Sebab, semua armada kepolisian akan diperbantukan pada pengamanan di lokasi ini. "Ya seperti waktu Brexit (Brebes Exit)belum rampung, kita akan siapkan water canon untuk membantu menyiram jalan agar tidak berdebu, dan armada lainnya akan disiapkan," katanya.

Pada pemeriksaan tersebut, diketahui ada empat titik masalah jalur mudik yang harus segera diselesaikan.  Empat masalah itu terdapat di jalur Utara menuju Selatan melalui jalur tengah, Brebes-Purwokerto. Karo Ops Polda Jawa Tengah Polda Jateng, Kombes Hariyanto menyatakan saat ini, ada empat titik pembangunan flyover pada setiap persimpangan jalur Brebes-Purwokerto yang tengah dirampungkan menjelang mudik lebaran 2017.

"Empat flyover ini sudah hampir rampung dan bisa membantu untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas," kata Hariyanto kepada rombongan Korlantas Polri.

Selain itu, rombongan ini juga akan memantau langsung kondisi jalur tol Brebes-Ngaliyan Semarang, guna memastikan kelayakan jalur tol yang dapat digunakan oleh para pemudik pada lebaran tahun ini.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini