Share

Gulirkan Isu Reshuffle, Pengamat: Jokowi Punya Dua Kepentingan

Dara Purnama, Okezone · Rabu 26 April 2017 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 26 337 1676780 gulirkan-isu-reshuffle-pengamat-jokowi-punya-dua-kepentingan-fCmOsgZtw7.jpg Ilustrasi reshuffle kabinet (Foto: Ist)

JAKARTA - Isu perombakan kabinet atau reshuffle kembali bergulir usai panasnya suhu politik Pilkada DKI. Menurut pengamat politik Hendri Satrio ada dua kepentingan bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan digaungkannya isu perombakan kabinet.

"Kalau kita lihat saat ini ya, kan melihat target yang ditetapkan Pak Jokowi , semua menteri berpeluang untuk diganti oleh Pak Jokowi," kata Hendri kepada Okezone, Rabu (26/4/2017).

Dua kepentingan Jokowi, kata Hendri, yang pertama adalah dalam rangka mewujudkan janji-janji kampanyenya sehingga tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Indonesia.

"Yang kedua, terkait elektabilitas. Agar dia tetap bagus sehingga dia bisa lanjut ke periode kedua kepemimpinannya sebagai Presiden Republik Indonesia. Makanya saya katakan semua menteri berpeluang untuk di-reshuffle," ujarnya.

Sementara siapa sosok menteri yang bakal di-reshuffle, pengamat asal Universitas Paramadina itu mengatakan, semua menteri dan pejabat setingkat menteri berpeluang diganti Jokowi.

Jokowi diketahui menggaungkan isu reshuffle saat menghadiri pembukaan Kongres Ekonomi Umat (KEU) di Hotel Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini