Share

Isu Reshuffle Kabinet Jilid III, Akankah Presiden Copot Jaksa Agung?

Dara Purnama, Okezone · Rabu 26 April 2017 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 26 337 1676737 isu-reshuffle-kabinet-jilid-iii-akankah-presiden-copot-jaksa-agung-5cliVgKLwp.jpg Pengamat Politik Paramadina, Hendri Satrio (foto: Okezone)
 

JAKARTA - Wacana reshuffle kabinet, kembali digelindingkan oleh Presiden Joko Widodo saat menghadiri pembukaan Kongres Ekonomi Umat (KEU) di Hotel Sahid, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu 22 April 2017 lalu.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio mengatakan, isu itu diberikan Jokowi kepada publik dalam rangka menerima masukan kepada masyarakat.

"Pak Jokowi lempar bola untuk mendapatkan masukan dari masyarakat kira-kira pejabat mana aja yang layak untuk diganti," kata Hendri kepada Okezone, Rabu (26/4/2017).

Belakangan, sosok kontroversial yang digaungkan masyarakat seperti organisasi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, pejabat setingkat menteri yang layak diganti presiden adalah Jaksa Agung Muhammad Prasetyo.

Hal ini lantaran ada dugaan kuat intervensi dari Jaksa Agung kepada jaksa penuntut umum (JPU) yang menangani kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama. Ahok, sapaan Basuki hanya dituntut satu tahun penjara dengan dua tahun masa percobaan yang dinilai sangat ringan untuk kasus penodaan agama.

"Kalau setingkat menteri itu Jaksa Agung juga digembar-gemborkan oleh publik (agar diganti)," kata Hendri.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini