Share

DPR Diminta Pilih Calon Anggota BPK Berintegritas

Agregasi Antara, · Selasa 04 April 2017 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 04 337 1658300 dpr-diminta-pilih-calon-anggota-bpk-berintegritas-RU2ghiXWy8.jpg ilustrasi (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Pengamat politik dan anggaran, Uchok Sky Khadafi meminta Komisi XI DPR untuk tidak memilih calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang bermasalah.

"Komisi XI DPR RI Harus menelusuri rekam jejak setiap calon agar BPK benar-benar diduduki orang-orang yang memiliki integritas," jelas Uchok, Selasa (4/4/2017).

Uchok mengatakan, apabila BPK dipimpin orang-orang yang pernah tersangkut masalah, baik itu persoalan hukum atau persoalan lain, maka patut diduga orang itu tidak akan bekerja profesional.

"Seseorang yang pernah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) misalnya, secara integritas tidak baik untuk memimpin BPK," ujar Uchok.

Ia pun mengingatkan Komisi XI DPR agar berlaku adil dan tidak memberikan keistimewaan tersendiri bagi calon petahana dalam uji kelayakan dan kepatutan.

Mulai Senin kemarin, Komisi Keuangan DPR melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon anggota BPK. Dari 26 calon, nantinya Komisi XI DPR akan memilih dua calon untuk menempati dua posisi yang akan segera ditinggalkan karena pensiun, yakni posisi Wakil Ketua BPK dan Anggota I BPK.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini