Share

Komisi IX DPR Akan Tanyakan Hal Detail pada Calon Anggota BPK

Angkasa Yudhistira, Okezone · Senin 03 April 2017 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 04 03 337 1657961 komisi-ix-dpr-akan-tanyakan-hal-detail-pada-calon-anggota-bpk-WHhZutYzT2.jpg

JAKARTA - Komisi XI DPR RI telah memulai uji kelayakan dan kepatutan terhadap 26 calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), hari ini, Senin (3/4/2017). Dari 26 calon, nantinya komisi keuangan itu akan memilih dua nama, untuk menggantikan dua orang di BPK yang akan pensiun.

Dalam proses seleksi, hal-hal yang berkaitan dengan calon akan dipertanyakan secara detail, mulai dari latar belakang calon hingga permasalahan yang menyangkut pribadi.

"Apapun informasi yang di berikan pada kita itu sebagai masukan. Tapi kita akan membicarakan secara detail (kepada calon)," kata anggota Komisi XI DPR RI, Mukhamad Misbahun dalam keterangannya.

Politikus Partai Golkar itu mengatakan, pihaknya bakal mempertanyakan kepada setiap calon berdasarkan informasi yang berkembang di publik. Misal, ada calon yang bermasalah dengan hukum maka akan dipertanyakan untuk dimintai klarifikasi.

"Akan ditanya, misal diperiksa (penegak hukum) dalam rangka apa, dan kaitannya apa. Jangan kalau orang sudah diperiksa penegak hukum lalu kita anggap orang itu jadi jelek. Jadi, semua pasti di pertimbangkan. Jangankan diperiksa KPK, diperiksa hansip saja kita pertimbangkan," kata Misbakhun.

Dirinya berharap, terpilihanya anggota baru BPK nanti bisa membawa lembaga keuangan negara itu menjadi lebih baik.

"Bisa membangun hubungan yang baik, tata kelola pemerintahan yang baik, dan itu menyangkut bagai mana kriteria wajar tanpa pengecualian seperti apa, kemudian bagai mana membangun proses pemerintahan menjadi tertib secara administrasi keuangan dan tertip secara pelaporan," harapnya.

Sekedar informasi, dua anggota BPK yang segera mengakhiri masa jabatannya yaitu, Wakil Ketua merangkap anggota BPK Sapto Amal Damandari, serta Anggota I BPK Agung Firman Sampurna.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini